Tutorial Budidaya Kangkung Hidroponik Di Ember

Posted on
Tutorial Budidaya Kangkung Hidroponik Di Ember
Rate this post

Tutorial Budidaya Kangkung Hidroponik Di Ember

Tutorial Budidaya Kangkung Hidroponik Di Ember – “Tanaman kankung” sering disebut juga swamp cabbage berasal dari Negara India bernilai ekonomis tinggi. Penerapan cara “hidroponik memiliki keunggulan” sebagai alternatif keterbatasan lahan yang sempit.

“Pemanfaatan kankung” dominan dikonsumsi sebagai bahan makanan dengan kandungan gizi tinggi yang baik untuk kesehatan. Tahapan “budidaya kankung hidroponik” di ember berlangsung relatif cepat 2-3 minggu sudah siap untuk di panen.

Tutorial Budidaya Kangkung Hidroponik Di Ember

Tanaman Kankung

Adalah jenis tanaman sayuran semusim yang di sebut juga swamp cabbage, water convovulus, water spinach berasal dari negara India. Kangkung termasuk suku Convolvulaceae (keluarga kangkung-kangkungan) yang dominan dimanfaatkan sebagai bahan makanan hidangan cepat saji.

Dengan daerah penyebaran tanaman kangkung meliputi negara Malaysia, Burma, Indonesia, China Selatan Australia dan bagian negara Afrika. Kangkung yang dikenal dengan nama Latin Ipomoea reptans terdiri dari 2 (dua) varietas, yaitu Kangkung Darat yang disebut Kangkung Cina dan Kangkung Air yang tumbuh secara alami di sawah, rawa atau parit-parit.

Keunggulan Sistem Hidroponik

hidroponik dalam arti yang luas adalah teknik bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Terdapat beberapa keunggulan antara lain; Tingkat keberhasilan tanaman untuk tumbuh dan berproduksi lebih terjamin, Dapat dilakukan dimana saja tidak tergantung sifat fisik dan kimia tanah, dan dapat dilakukan pada lahan yang sempit ataupun gersang.

Baca Juga :   Cara "Sukses" Budidaya Sawi Putih Yang Banyak Manfaat

Produktivitas tanaman lebih tinggi serta lebih kontinu, Perawatan terhadap gangguan hama dan penyakit lebih terkontrol serta lebih praktis, Pertumbuhan tanaman lebih cepat, Kualitas hasil produknya lebih baik (bersih dan tidak rusak), Penggunaan pupuk lebih hemat (efisien, Dapat ditanam diluar musimnya dan memiliki harga jual relatif lebih tinggi.

Manfaat Kankung

Bagian tanaman kangkung yang paling penting adalah batang muda dan pucuk-pucuknya sebagai bahan sayur-mayur. Kangkung selain rasanya enak juga memiliki kandungan gizi cukup tinggi, mengandung vitamin A, B dan vitamin C serta bahan-bahan mineral terutama zat besi yang berguna bagi pertumbuhan badan dan kesehatan.Disamping itu hewan juga menyukai kangkung bila dicampur dalam makanan ayam, itik, sapi dan kelinci

Budidaya Kankung Hidroponik Di Ember

Penerapan budidaya kankung dengan sistem hidroponik dapat dilakukan meliputi; persiapan alat dan bahan, perlakukan benih (seed treatment), media nutrisi, pergantian nutrisi dan panen kankung hidroponik.

Persiapan Alat Dan Bahan

  • Benih kankung (diperoleh dengan membeli langsung di kios kios distributor benih tersertifikasi)
  • Plastik besek (dapat ditemui dikios-kios penjualan plastik harga per lusin berkisar Rp.4000-Rp 5000).
  • Jaring Nyamuk Magnet atau Magnetic Mosquito net (umumnya digunakan sebagai jaring anti nyamuk yang dapat diperoleh di kios-kios penjualan kontruksi bangunan
  • Pupuk hidroponik (AB mix hidroponik)
  • Ember plastik

Perlakukan Benih (Seed Treatment)

Lakukan perlakukan dengan kegiatan perendaman benih terlebih dahulu dengan air dingin atau air hangat bertujuan untuk menyeleksi benih berkualitas, apabila terdapat benih yang terapung langsung dibuang. benih yang terapung tersebut menandakan benih kankung tersebut tidak bernas atau kurang bagus dan tidak dapat berkecambah nantinya. kemudian benih yang telah terseleksi tersebut selanjutnya,disiram dengan air hangat lalu disimpan ditempat yang gelap selama semalaman. perlakukan benih bertujuan agar benih kankung mudah berkecambah.

Baca Juga :   Cara Budidaya Bawang Daun di Pot (Polibag) Untuk Pemula

Media Nutrisi

Berisi campuran air dan beberapa nutrisi bertujuan sebagai media tumbuh tanaman kangkung. Dengan memberikan tiap embernya masing-masing 1 liter per air ditambahkan nutrisi hidroponik. Setelah dipastikan bahan tercampur sempurna masukan kedalam ember plastik sebatas dasar besek plastik tersebut,hal ini bertujuan untuk menghindari bibit kankung busuk karena kelebihan air.

Pengantian Nutrisi

Aspek pertama dalam melakukan budidaya kankung hidropik tentunya kebersihaan serta kualitas air hurus tetap terjaga. Setelah tanaman kankung sudah tumbuh sempurna anda cukup mengganti nutrisi saja jika nutrisi mulai berbau atau menambahkan nutrisi dalam ember berkurang karena diserap oleh akar tanaman kankung. Ketika tanaman memasuki umur 2 minggu konsentrasi perlu ditingkatkan yang semula 5 ml perliter anda bisa menambahkan 7-9 ml /lter. dan lakukan langkah ke 4 jika nutrisi baskom bekurang

Panen Kankung Hidroponik

Dapat dilakukan ketika tanaman memasuki umur 2-3 minggu, saat ini kangkung sudah tumbuh dengan panjang batang kira-kira 20-25 cm.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Tutorial Budidaya Kangkung Hidroponik Di Ember dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga: