Tips Bagaimana Mengenal Pakan Lobster Yang Sering Dipergunakan

Tips Bagaimana Mengenal Pakan Lobster Yang Sering Dipergunakan
5 (100%) 1 vote

Tips Bagaimana Mengenal Pakan Lobster Yang Sering Dipergunakan

Tips Bagaimana Mengenal Pakan Lobster Yang Sering Dipergunakan – Pakan ialah salah satu faktor yang sangat menentukan sekali dalam sebuah keberhasilan dalam membudidayakan. Misalnya budidaya lobster merupakan salah satu jenis binatang yang cukup terbilang potensial untuk dibudidayakan sebagai usaha.

Untuk menunjang suatu keberhasilan dalam membudidayakan lobster ada beberapa hal yang perlu sekali untuk diperhatikan seperti makanan. Dalam hal ini makan menjadi salah satu faktor penentu dalam sebuah keberhasilan usaha budidaya.

Tips Bagaimana Mengenal Pakan Lobster Yang Sering Dipergunakan

Dan untuk mencapai keberhasilan dalam membudidayakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan secara khusus dalam mengelola atau memberikan makanan yakni seperti memperhatikan aspek kimia dalam hal seperti memperhatikan kandungan nutrisi makanan yang meliputi protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan lainnya, adapun untuk penjelasan dalam memperhatikan kandungan simak pemaparan dibawah ini:

Kandungan Nutrisi

Lobster air tawar ialah pemakan segalanya “omnivora”, maka semua makanan yang ada dapat dijadikan pakan buat lobster. Pakan yang umumnya diberikan berupa sayur-sayuran, kacang-kacangan, umbi-umbian, cacing-cacingan, keong-keongan maupun ikan atau makanan buatan pabrikan “pellet komersial”.

Pakan yang baik untuk lobster air tawar sebaiknya mempunyai kandungan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan. Nutrisi yang baik akan memacu pertumbuhan lobster dan menghasilkan lobster yang sehat, pakan merupakan bagian dari penting dalam budidaya, karena pakan ini menempati hampir setengahnya dari total biaya produksi.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Cara Budidaya Cacing Sutra "Paling Mudah"

Kandungan nutrisi yang diperlukan dalam pakan umumnya dapat berupa yang komplet maupun sebagai tambahan. Pakan yang lengkap umumnya mempunyai kandungan protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral yang diperlukan untuk pertumbuhan yang optimal dan kesehatan dari lobster tersebut. Dan umumnya budidaya lobster yang dilakukan tidak dilakukan di ruang terbuka atau tidak mendapat pakan alami yang sehingga pemberian pakan yang lengkap menjadi sangat penting.

Kandungan Protein

Protein ialah bagian yang paling penting sekali dalam pakan, untuk itu perlu sekali diketahui kebutuhan yang tepat dalam pemberian pakan tersebut. Protein yang umumnya diperlukan oleh lobster air tawar umumnya berikisar dari 20-40%.

Untuk burayak yang masik kecil, tingginya protein menjadi sangat penting dalam memacu pertumbuhan. Kebutuhan protein dari juga dipengaruhi oleh lingkungan, suhu dan kualitas air yang ada demikian juga komposisi bahan lain dari pakan tersebut.

Protein yang tinggi dapat membantu mempercepat pertumbuhan lobster, namun dengan kandungan yang tinggi ini juga dapat merusakkan kualitas air. Dan pemberian pakan yang efektif dan pengelolaan air yang baik akan melindungi kualitas air tersebut.

Kandungan Lemak

Lemak ialah nutrisi berenergi tinggi yang dapat digunakan sebagai pengganti protein dalam pakan budidaya air. Lemak memberikan dua kali energi sebagai protein dan karbohidrat, belakangan ini lemak banyak digunakan dalam pakan dengan menggantikan sebagian protein karena dapat menekan biaya produksi, namun tingginya lemak ini dapat merusakkan organ lobster tersebut.

Kandungan Karbohidrat

Karbohidrat ialah nutrisi yang murah dan ekonomis dalam pakan, walaupun tidak penting karbohidrat diperlukan untuk menekan biaya produksi juga.

Kandungan Vitamin

Vitamin diperlukan oleh lobster untuk pertumbuhan dan kesehatan, umumnya vitamin ini tidak sintetis oleh lobster sehingga harus diberikan dalam pakan.

Baca Juga :  Teknik Pencegahan Penyakit Lobster Air Tawar

Kandungan Mineral

Mineral ialah elemen anorganik diperlukan dalam pakan untuk fungsi tubuh normal. Mineral dapat dibagi dalam dua kelompok yakni mineral mikro dan mineral makro berdasarkan jumlah yang dibutuhkan dalam pakan dan jumlah lobster yang ada.

Pakan untuk lobster air tawar tidak susah dicari, pada umumnya makanan yang terdapat di sekitar kita dapat digunakan sebagai pakan untuk lobster, diantaranya jenis sayuran, umbi-umbian, tanaman air dan daging. Untuk sayur bisa diberikan: toge, sawi, kangkung, singkong atau ubi jalar, tanaman air bisa berupa: selada air atau eceng gondok.

Dan jika makana tidak bisa tenggelam, cukup diseduh dengan air panas atau direbus sebentar untuk melayukan-nya. Untuk daging: usus ayam, keong mas, cacing tanah, cadangan darah/bloodworm, cacing tubifex/cadangan sutera dan udang. Selain itu makan lobster bisa berupa pellet udang galah/pellet udang windu.

Tips Budi Daya

  • Berikan makanan tambahan secukupnya, terutama pada malama hari sekitar pukul 19.00-21.00.
  • Periksa dan berikan makan berupa pellet jika sudah tidak terdapat sisa makanan yang diberikan pada waktu sore hari.

Hal ini dilakukan guna menghindari saling menyerang di antara sesama lobster hewan ini mempunyai sifat kanibalisme yang sangat tinggi, juga aktivitas kelompok hewan ini meningkat pada malam hari termasuk untuk mencari mangsa. Jenis hawan ini tidak bisa menebar bau amis seperti jenis pada udang atau ikan pada umumnya, jadi budidaya ternak dapat dilakukan di lingkungan rumah.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Tips Bagaimana Mengenal Pakan Lobster Yang Sering Dipergunakan dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga:

/* */