Pengertian Dan Keunggulan Tanaman Hidroponik

Posted on
Pengertian Dan Keunggulan Tanaman Hidroponik
5 (100%) 1 vote

Pengertian Dan Keunggulan Tanaman Hidroponik

Pengertian Dan Keunggulan Tanaman Hidroponik – Tanaman Hidroponik, kata hidroponik berasal bahasa Yunani terdiri dari dua buah suku kata yaitu; hudor dan ponos dimana kata hudor berarti air, sedangkan ponos artinya kerja atau daya yang secara garis besar hidroponik berarti memberdayakan air.

Pengertian Tanaman Hidroponik

Pengertian hidroponik dalam arti yang luas adalah teknik bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Dimana prinsip dasar penerapan budidaya tanaman secara hidroponik adalah memberikan atau menyediakan nutrisi yang diperlukan tanaman dalam bentuk larutan dengan cara disiramkan, diteteskan, dialirkan atau disemprotkan pada media tumbuh tanaman.

Pengertian Dan Keunggulan Tanaman Hidroponik

Keunggulan Tanaman Hidroponik

  • Tingkat keberhasilan tanaman untuk tumbuh dan berproduksi lebih terjamin.
  • Dapat dilakukan dimana saja tidak tergantung sifat fisik dan kimia tanah, dan dapat dilakukan pada lahan yang sempit ataupun gersang.
  • Produktivitas tanaman lebih tinggi serta lebih kontinu.
  • Perawatan terhadap gangguan hama dan penyakit lebih terkontrol serta lebih praktis
  • Pertumbuhan tanaman lebih cepat
  • Kualitas hasil produknya lebih baik (bersih dan tidak rusak)
  • Penggunaan pupuk lebih hemat (efisien)
  • Efisiensi tenaga kasar (misalnya mencangkol, membajak, dan lain-lain)
  • Beberapa jenis tanaman dapat ditanam diluar musimnya.
  • Tidak ada risiko kebanjiran, erosi, kekeringan atau ketergantungan pada kondisi alam
  • Harga jual relatif lebih tinggi
Baca Juga :   Manfaatkan Luas Pekarangan Dengan Menanam Serai “Secara Komersial”

Metoda Bercocok Tanam Hidroponik

Dapat bagi beberapa kategori berdasarkan media tempat tumbuh tanaman meliputi; metode kultur air,metode substrat, Metoda Nutrient Film Technique (NFT), Metode aeroponik, Hidroponik rakit apung (Floating raft hydroponic system), Kombinasi NFT-rakit apung dan Kombinasi aeroponik rakit apung

Metoda Kultur Air

Metode ini pada prinsipnya menggunakan air sebagai media tumbuh tanaman, di dalam metoda ini tumbuhan ditanam semata-mata dalam air serta dilengkapi dengan larutan zat makanan. Media dengan metode kultur air dapat mengunakan media berupa; wadah,tempat, pot, stoples, tabung kaca, plastik yang disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan ditanam dan wadah yang tersedia.

Metoda Substrat

Merupakan metode menumbuhkan tanaman dalam media padat (bukan tanah), umumnya digunakan untuk mengusahakan sayuran atau buah yang bernilai tinggi. Media padat dapat berupa: arang (kayu, sekam padi), pasir, perlit, zeolit, gambut, kerikil, potongan sabut kelapa, pakis, pecahan genteng atau batu bata dan batu apung

Metoda Nutrient Film Technique (NFT)

Merupakan metode model budidaya hidroponik dengan meletakkan akar tanaman pada lapisan air (nutrien) yg sangat tipis (± 3 mm) sebagai media tumbuhnya.Penerapan dapat digunakan untuk sayuran berumur pendek seperti; pakchoy, caysim, lettuce, kailan, bayam, kangkung dan juga sayur buah seperti; tomat, paprika dan mentimun.

Metode Aeroponik

Merupakan metode yang pada prinsip kerjanya air yg berisi larutan hara disemprotkan dalam bentuk kabut hingga mengenai akar tanaman yg menggantung.

Hidroponik Rakit Apung (Floating raft hydroponic system)

Merupakan metode cara menanam tanaman dengan cara diapungkan di permukaan air, atau akar tanaman menjuntai ke dalam air. Dapat mengunakan styrofoam sebagai bahan di atas air yg diberi lubang untuk menancapkan bibit sayur (bibit bisa diganjal dengan busa agar dpt berdiri dan tidak jatuh ke dalam air.

Baca Juga :   Pola Budidaya Intensif : Kunci Keberhasilan, Panen Berlimpah Cabe Keriting

Kombinasi NFT Rakit Apung

Merupakan metode ini bercocok tanaman dengan memanfaatkan larutan hara yang terdapat dalam tandon (bak atau reservoir). Bak tersebut berisi larutan hara disirkulasi kembali ke bed untuk memberi makan tanaman.

Kombinasi Aeroponik Rakit Apung

Merupakan metode kombinasi hidroponik rakit apung dengan aeroponik, dimana Larutan hara yg terkumpul dalam tandon (kolam) dapat dimanfaatkan untuk hidroponik Rakit apung

Kesimpulan:

Hidroponik metode cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Nutrisi berbentuk larutan diberikan dengan cara disiram,ditetes,dialirkan dan disemprotkan pada media tumbuh tanaman. Prinsip dasar metode hidroponik dapat diterapkan dalam bermacam-macam cara yang disesuaikan dengan persyaratan finansial atau keterbatasan ruang.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Pengertian Dan Keunggulan Tanaman Hidroponik dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga: