Panduan Teknis Budidaya Manggis Sebagai “Queen Of Fruits” Hortikultura

Panduan Teknis Budidaya Manggis Sebagai “Queen Of Fruits” Hortikultura
5 (100%) 1 vote

Panduan Teknis Budidaya Manggis Sebagai “Queen Of Fruits” Hortikultura

Panduan Teknis Budidaya Manggis Sebagai “Queen Of Fruits” Hortikultura – Manggis merupakan jenis buah musiman Hortikultura tumbuh di daerah beriklim Tropis yang berasal dari Asia Tenggara terkenal sebagai Queen Of Fruit (Ratunya Buah).

Buah manggis mengandung sejumlah gizi dan senyawa baik seperti; mineral, protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, B2 dan B5, antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, Antikarsinogen dan Antiproliferasi yang bila, dikonsumsi dengan rutin dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Panduan Teknis Budidaya Manggis Sebagai “Queen Of Fruits” Hortikultura

Tidak hanya itu saja kulit manggispun, secara klinis bermanfaat juga mengandung sumber nutrisi baik seperti; karbohidrat, abu, air, gula, mangan,tembaga, magnesium, protein, lemak dan lipid dengan kandungan kimia seperti; xantone, garsinon, flavonoid, saponin, pektin, rosin dan tanin.

Tinggi animo masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi buah yang baik untuk kesehatan, menjadikan buah manggis sangat laris manis di pasaran dan diburu para konsumen dan pembibit tanaman tropika. Rasa manis sedikit asam, daging buah lembut serta memiliki harga yang sangat ekonomis dan kaya manfaat bagi kesehatan,hal inilah yang menjadikan tanaman manggis memiliki prospek pengembangan yang cukup baik.

Oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini saya mencoba memberikan informasi mengenai, bagaimana cara Budidaya Manggis secara baik dan benar. Sehingga sahabat pertanian dapat mengambil intisari dan mendapat ilmu pengetahuan cara berbudidaya buah manggis.

Baca Juga :  5 Tahapan Mudah Perbanyakan Tanaman Durian (Durio zibethinus)Lengkap

Budidaya Manggis”Queen Of Fruits”

Adapun budidaya manggis yang diantaranya yaitu:

Kesesuaian Syarat Tumbuh

Seperti pada tanaman tropis lain tanaman manggis membutuhkan kesesuaian lahan untuk tumbuh baik dan berbuah. tanaman manggis mengingikan tanah yang subur,gembur dan mengandung bahan organik dengan ketinggian tempat yang baik dibawah 500-600 m dpl serta curah hujan tahunan 1500-2500 mm/tahun yang merata di sepanjang tahun. Temperatur udara yang ideal berkisar 22-23°Celcius dan juga kecepatan angin sangat berpengaruh terhadap penyerbukan bunga untuk menjadi buah dan kondisi tempat budidaya usahakan tidak tergenang air.

Persiapan Bibit Manggis

Bibit manggis dapat diperbanyak dengan cara generatif (biji) dan dengan cara vegetatif (sambung dan kultur jaringan). Salah satu faktor keberhasilan dalam budidaya manggis adalah cara penentuan asal-usul bibit indukan pohon manggis yang berkualitas,sangat dianjurkan mengunakan bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif,hal karena terdapat keunggulan antara lain; memiliki sifat unggul persis sama dengan indukannya dan waktu tanaman manggis untuk berbuah relatif singkat antara 5-6 tahun,bila dibandingkan menanam dengan biji yang butuh waktu berbuah sampai 10-15 tahun lamanya.

Bagaimana cara membedakan bibit manggis berasal dari perbanyakan vegetatif apabila,sahabat pertanian membeli bibit, trik nya cukup mudah sabahat pertanian,cukup melihat hasil bekas sambungan (grafting) tepat dibagian batang tanaman. Pilih bibit manggis yang sehat,memiliki warna batang hijau tua kecoklatan dengan bentuk batang yang lurus,serta warna daun hijau mengkilat dan terbebas dari serangan hama dan penyakit tanaman berbahaya.

Pengolahan Lahan

Kegiatan pengolahan bersifat fleksibel artinya mengikuti luasan lahan tanam baik ditanam di kebun atau sekedar ditanam dilahan pekarangan rumah. jarak tanam yang ideal untuk bibit manggis 8 m x 10 m atau 10 m x 10 m dengan jumlah populasi tanaman sebanyak 100-125 tanaman/hektar. Untuk memulai pengolahan lahan dapat dimulai dengan membersihkan lahan dari tanaman berkayu atau semak belukar dengan cara di tebas atau mengunakan mesin bajak,hal ini bertujuan untuk membentuk media tanam yang rata serta gembur dan memiliki saluran drainase yang baik.

Baca Juga :  Kultur Teknis: Menanam Mangga Di Polybag, Cepat Berbuah

Teknis Penanaman

Penanaman bibit manggis sangat dianjurkan di pagi hari dan tengah masuk musim penghujan. Hal ini untuk menjaga bibit manggis yang siap tanam, tidak mengalami musim kering yang berakibat pada kematian bibit. Tahapan dimulai dengan pembuatan lubang tanam ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm dengan kedalam 20-30 cm,kemudian menambahkan pupuk kandang atau pupuk kompos sebanyak 20-30 kg pupuk kandang/lubang tanam.

Biarkan selama 1-2 minggu, setelah itu masukan bibit manggis tepat didalam lubang tanam tersebut sejajar dengan permukaan tanah masukan perlahan bibit manggis secara hati-hati. Selanjutnya tutup lubang dengan lapisan atas dan lapisan bawah kemudian padatkan dan ratakan.

Pemeliharaan Tanaman

Penyulaman Bertujuan menganti tanaman yang mati dilokasi tanam dengan tanaman yang baru, penyulaman dilakukan tidak lebih 1 minggu setelah tanam dengan tanaman baru yang memiliki umur yang tidak jauh berbeda dengan tanaman yang akan kita ganti tersebut

Penyiangan Dan Pembumbunan Kegiatan penyiangan dilakukan dengan mengurangi sejumlah gulma (rumput liar) yang bersifat sebagai pesaing dan mengangu pertumbuhan bibit manggis dengan cara mengkoret dengan cangkul dan penyemprotan pestisida jenis herbisida (racun rumput). Dilanjutkan dengan kegiatan pembumbunan yang bertujuan untuk mengemburkan tanah,kegiatan pembumbunan dilakukan dengan mengunakan koret,umumnya kegiatan ini dilakukan bersamaan atau setelah kegiatan penyiangan dilakukan.

Pemangkasan Bertujuan untuk memperoleh cabang buah baru,merangsang pembentukan bunga,membuang cabang yang tidak produktif dan serang hama dan penyakit. Dengan cara memotong Ranting-ranting yang tumbuh kembar dan sudah tidak berbuah perlu dipangkas untuk mencegah serangan hama dan penyakit. Gunakan gunting pangkas bersih dan tajam untuk menghindari infeksi HPT.

Pemupukan bertujuan memberikan unsur hara tambahan ke dalam tanah yang dimanfaatkan tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangan. Tahapan pemupukan dimulai diawal penanaman tepat bibit telah berumur 6 bulan lakukan pemupukan dengan pupuk Urea,SP-36 dan Kcl sebanyak 200-500 gram/tanaman,kemudian dilakukan pemupukan setelah tanaman manggis berumur 1 tahun lebih dengan frekuensi 2 kali dalam setahun. Pemupukan yang baik dilakukan diawal musim penghujan dan akhir musim kemarau, Pemberian pupuk diberikan dengan cara ditaburkan di dalam larikan atau tepat di dalam lubang-lubang di sekeliling batang dengan diameter ukuran tajuk pohon.

Baca Juga :  Kultur Teknis Budidaya Stroberi Sistem Mulsa Dengan Baik Dan Benar

Penen Buah Manggis

Pohon manggis yang berasal dari bibit perbanyakan vegetatif dapat berbuah setelah memasuki umur tanam 5-6 tahun. Ciri-ciri buah manggis siap panen antara lain; berumur 104 hari sejak bunga mekar dan warna buah manggis telah berwarna kulit ungu kemerahan.

Teknik pemanenan dilakukan dengan cara memetik atau memotong pangkal tangkai buah dengan alat berupa pisau atau gunting buah dan untuk menjangkau buah manggis masak di tempat yang tinggi dapat mengunakan alat bantu berupa tangga atau galah (bambu) yang dilengkapi tepat diujung bambu tersebut.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Panduan Teknis Budidaya Manggis Sebagai “Queen Of Fruits” Hortikultura dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga:

/* */