5 Cara Mudah Menanam Durian Musang King “Berbuah Lebat”

Posted on
5 Cara Mudah Menanam Durian Musang King “Berbuah Lebat”
5 (100%) 1 vote

Cara Menanam Durian Musang King – Nah siapa yang menjadi salah satu penggemar durian?? tentunya jika kalian salah satunya pasti mengetahui beberapa jenis durian yang ada dan seringkali diperjual belikan. Salah satu jenis durian ialah durian musang king, buah durian musang king ialah varietas  baru yang berasal dari kelompok buah berduri yang lezat ini.

Durian Musang King

Cara Mudah Menanam Durian Musang King Agar Berbuah Lebat

Dimana keistimewaan dari durian musang king ialah durian yang memiliki daging tebal berwarna kuning dan daging buah durian ini berbentuk daging kering, kelebihan lain yang dimiliki oleh durian jenis ini ialah memiliki biji kecil, tekstur lembut dan aroma yang kuat serta kombinasi dari rasa manis dan agak sedikit pahit dimana buah durian ini dinyatakan varietas terbaik dikelasnya.

Varietas Durian Musang King

Ini merupakan salah satu tumbuhan durian yang bisa tumbuh dan berkembang di daerah dataran rendah yang memiliki ketinggian 1.000 m diatas permukaan air laut. Namun jika kalian ingin mendapatkan hasil panen yang banyak dan maksimal, maka sangat disarankan kalian menanam tanaman durian ini di daerah yang memiliki ketinggian 400 hingga 600 m diatas permukaan laut.

Ini ialah tanaman durian yang sebenarnya akan sangat subur dan menyukai daerah yang memiliki tingkat curah hujan yang tinggi dan ditempat-tempat yang memiliki iklim basah. Sedangkan untuk jenis tanah yang akan baik bagi pertumbuhan durian ini ialah tanah yang subur, lembab, gembur, memiliki kedalaman air tanah yang tidak lebih dari 1 m dan penuh dengan nutrisi.

Dimana beberapa faktor yang akan mempengaruhi pertumbuhan dari tumbuhan durian musang king ini ialah, iklim, ketersediaan unsur hara tanah, iklim dan jenis dari penyerbuk yang akan membantu dalam memproduksi buah dan akan mempengaruhi dari ukuran buah durian yang terbentuk beserta rasa dari durian itu sendiri. Buah dari musang king ini terkenal dengan harganya yang tergolong tinggi sehingga banyak yang melakukan budidayanya.

Baca Juga :   Cara Budidaya Jeruk Siam Agar Cepat Berbuah

Persiapan Lahan

Tentunya kalian memerlukan lahan yang lumayan lebar jika ingin melakukan sebuah budidaya durian musang king yang akan kalian tanam sebagai varietas di sebuah kebun buah-buahan. Namun kalian tentunya juga bisa melakukan di dekat perkarangan ruamh yang tidak memerlukan perkarangan yang lebar.

Namun jika kalian sedang berusaha untuk membudidayakan durian varietas musang king ini dalam jumlah yang banyak dan membuka sebuah kebun maka berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Bersihkan lahan kalian dari beragam gulma, tanaman pengganggu lain dan dari semak belukar.
  • Setelah kalian melakukan pembersihan lahan maka kalian bisa langsung membuat lubang-lubang untuk penanaman bagi bibit satu dan lainnya.
  • Namun perhatikan jarak antara satu lubang dan lainnya, setidaknya harus berjarak lebih kurang 25 cm.
  • Lakukan penyuburan tanah terlebih dahulu, dimana kalian bisa melakukan pemupukan ke dalam lubang penanaman sebelum kalian melakukan penanaman dengan menggunakan bantuan pupuk kompos maupun pupuk kandang.
  • Pastikan lahan tempat kalian membudidayakan durian musang king ialah lahan yang terkena sinar matahari secara langsung.
  • Lubang penanaman tersebut harus kalian buat dengan ukuran panjang 100 cm dan lebar 80 cm, biarkan terkena dan terjemur sinar matahari sebelum nantinya kalian mulai menanam bibit selama lebih kurang 3 hari lamanya.
  • Penjemuran lubang tanam ini bertujuan untuk mematikan bakteri maupun virus yang akan mengotori lahan penanaman.
  • Supaya bagian bawah dari lubang penanaman durian musang king bisa menjadi gembur dan nantinya mempermudah akar tanaman untuk tumbuh maka masukan kembali tanah yang telah digali kedalam lubang tersebut.

Persiapan Bibit

Dalam hal ini maka kalian harus melakukan persiapan bibit sebelum kalian melakukan penanaman tersebut, dimana langkah persiapan bibit ialah sebagai berikut:

  • Pilihlah bibit yang terlihat sehat tidak terlalu jangkung dan memiliki daun yang tidak rusak atau terlihat terkena penyakit.
  • Kalian bisa membeli bibit di petani durian yang terpercaya.
  • Pilihlah bibit yang telah cukup umur dan telah cukup besar batangnya setidaknya telah tumbuh hingga setinggi 15 cm.
  • Setelah kalian memilih bibit dari durian musang king tersebut kalian bisa langsung melakukan penanaman.
  • Cara menanam bibit durian ini tidaklah sulit kalian hanya perlu memindahkan bibit kedalam lubang penanaman.
  • Pastikan kalian tidak merusak batang maupun daerah akar saat melakukan pemindahan tempat dari bibit durian tersebut.
  • Buka polybag yang biasanya menjadi wadah atau tempat penanaman bibit ketika kalian membelinya dari petani durian dengan hati-hati.
  • Masukan tanah beserta bibit kedalam lubang penanaman dari timbun kembali setinggi tanah pada polibag sebelumnya.
  • Lakukan pemupukan di sekitar lubang penanaman dan lakukan penyiraman secara teratur agar durian tersebut bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal.
  • Agar kalian bisa mendapatkan hasil terbaik maka jangan lupa untuk selalu memberi pemupukan secara teratur.
  • Bersihkan daerah penanaman dari beragam rumput maupun hama pengganggu.
Baca Juga :   Cara Budidaya Tomat Secara Organik Agar Berbuah Banyak

Perawatan Dan Pemupukan

Perawatan harian setelah menanam bibit ialah hal yang penting untuk dilakukan, dimanan kalian bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Pupuk dengan teratur dan rutin dengan jenis pupuk kompos atau NPK dengan takaran sebanyak 1 sendok teh yang bisa kalian larutkan nantinya kedalam 10 liter air untuk digunakan kepada 10 bibit yang nantinya bisa kalian lakukan berupa penyemprotkan dengan menggunakan semprotan pupuk gandasil D yang bisa kalian lakukan sebanyak sekali seminggu atau per 10 hari sekali.
  • Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang kering yang telah menyerupai pupuk fermentasi dan menyerupai tanah subur yang bisa kalian lakukan setelah bibit durian musang king yang akan ditaburkan di sekitar bibit sebanyak lebih kurang  satu gayung saja jangan terlalu banyak atau akan malah menghambat dan membuat pertumbuhan menjadi bermasalah.
  • Lakukan penyemprotan dengan menggunakan pestisida dengan merek fastak atau diazinon ataupun beragam produk pestisida lainnya jika misalnya bibit durian musang king dan mengalami masalah penyerangan hama ulat. Bahkan fungsi dari bahan ini atau penyemprotan ini bisa membuat buah terbentuk dengan lebih cepat.
  • Bersihkan semua rumput atau gulma pengganggu agar zat hara tanah tidak dihanisi oleh gulma tersebut.
  • Lakukan teknik penanaman dengan metode menggantung seperti permukaan gunung dengan cara meninggikan tanah tersebut, ini akan membuat pertumbuhan bibit menjadi lebih cepat.

Masa Panen

Ketika kalian menanam bibit musang king dengan baik dan benar maka pohon durian tersebut akan lebih mudah cepat besar dan akan mempercepat pertumbuhan dari akar juga. Dan jika semuanya berjalan dengan baik maka kalian sudah bisa menikmati hasil panen dalam waktu 4 hingga 5 tahun setelah penanaman.

Baca Juga :   Peluang Usaha, Cara Budidaya Buah Kiwi Yang Banyak Manfaatnya

Bahkan pohon buah dari durian musang king ini juga bisa dikembangkan dengan ketinggian 3 hingga 4 meter atau lebih rendah yang tentunya menghasilkan buah yang banyak, segar dan lezat. Dengan harga yang setimpal maka ini merupakan salah satu prospek bagus dalam sebuah peluang usaha terbaru.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Panduan Lengkap 5 + Cara Mudah Menanam Durian Musang King dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya.

Baca Juga: