Menanam Sendiri Jambu Kristal Tabulampot, Cepat Berbuah

Posted on
Menanam Sendiri Jambu Kristal Tabulampot, Cepat Berbuah
5 (100%) 1 vote

Menanam Sendiri Jambu Kristal Tabulampot, Cepat Berbuah

Menanam Sendiri Jambu Kristal Tabulampot, Cepat Berbuah – Jambu Kristal tentu sahabat tidak asing dengan jenis tanaman buah yang satu ini,buah ini begitu terkenal dan populer karena menghasilkan varian buah jambu biji nyaris tanpa biji,rasa manis,serta daging buah yang empuk inilah, alasan kenapa buah ini banyak disukai.

Jambu kristal secara umum adalah jenis buah semusim tanaman Hortikultura beriklim tropis,terdapat sentra penanaman jambu biji di Indonesia meliputi ;DKI Jakarta,Jawa Barat,Jawa Tengah,Di Yogyakarta, Jawa timur,Sumatera Utara,Sumatera Barat,Sumatera Selatan dan Kalimantan.

Menanam Sendiri Jambu Kristal Tabulampot, Cepat Berbuah

Kandungan Dan Manfaat Jambu Kristal

Buah jambu biji selain memiliki keunggulan dari segi rasa ternyata,jambu biji mengandung nutrisi baik bagi kesehatan. Kandungan gizi dalam 100 gr jambu kristal masak segar terdapat Protein 0.9 gram,Lemak 0.3 gram,Karbohidrat 12.2 gram,Fosfor 14 mg,Kalium 28 mg,Besi 1.1 mg,Vitamin B1 0.02 mg,vitamin C87 mg,Air 86% dengan total kalori sebanyak 49 kalori.

Sedangkan Biji jambu kering mengandung 14 % minyak atsiri,15 protein dan 13 % tepung,juga bermanfaat mengobati diare mulai daunnya,disentri,demam berdarah (DBD),gusi bengkak, sariawan, jantung, menurunkan kolestrol dan mengobati diabetes dan  kaya vitamin C.

Tahapan Tabulampot Jambu Kristal

Adapun tahapan tabulampot jambu kristal yang diantaranya yaitu:

Persiapan Bibit Jambu Kristal

Bibit jambu kristal dapat diperbanyakan dengan cara vegetatif yaitu teknik sambung pucuk, okulasi, dan cangkok.  Syarat bibit jambu kristal berkualitas meliputi; bibit berasal dari hasil perbanyakan baik secara (okulasi,sambung pucuk dan cangkok) dan jelas sumber indukannya, memiliki tinggi 40-60 cm.

Baca Juga :   Hama Dan Penyakit Tanaman Duku (Indetifikasi Serta Teknis Pengendalian)

Dan diameter batang 0,5-1 cm,memiliki warna batang hijau tua kecoklatan dengan bentuk batang yang lurus,warna daun hijau mengkilat dan juga bebas dari serangan Hama dan Penyakit. Keunggulan pengunaa bibit dengan cara vegetatif adalah buah yang dihasilkan memiliki kemiripan persis seperti indukannya dan tanaman jambu kristal membutuhkan waktu yang relatif singkat untuk berbuah (2,5-3 tahun)dari awal penanaman.

Pembuatan Media Tabulampot

Dibuat 3-4  hari sebelum bibit jambu kristal siap untuk ditanam,media pot diisi dengan media yang berkomposisikan sejumlah bahan organik, berupa tanah top soil (tanah lapisan atas) dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 2:1,yang dicampur secara merata. Masukan media campuran tersebut ke dalam pot, kemudian padatkan dan susun rapi di sebuah pelataran atau ruang terbuka. Jumlah pot disesuaikan dengan kebutuhan jambu kristal yang akan dibudidayakan.

Penanaman

Sangat dianjurkan dilakukan pada padi atau sore hari, untuk menghindari sinar matahari berlebih,yang akan mengakibatkan bibit jambu kristal menjadi layu dan mati. Penanaman dimulai dengan memasukan bibit jambu kristal yang telah berumur 3-4 bulan,yang terlebih dahulu merobek plastik polibeg dan meletaknya tepat di tengah-tengah pot pada kedalaman ± 10-13 cm atau sebatas leher permukaan polibeg,lalu tutup dan padatkan.

Perawatan Tabulampot

Pada dasarnya setiap tanaman buah untuk tumbuh subur dan berbuah memerlukan perawatan untuk menstimulan pembentukan buah,menghindari pesaing rumput yang tumbuh di sekeliling pot,pemupukan tepat. Kegiatan pemeliharaan dapat dimulai dengan penyiraman 2 kali sehari,tanaman jambu kristal yang akan mengalami fase kritis pertumbuhan di 1-2 bulan,oleh karena penting untuk dilakukan penyiraman untuk memaksimalkan pertumbuhan vegetatif (tunas,batang dan daun).

Selanjutnya lakukan kegiatan Penyiangan dan Pembumbunan dari pertumbuhan gulma yang tumbuh di sekeliling pot cukup dengan cara dicabut,diikuti kegiatan pembumbunan untuk mengemburkan tanah serta menaikan massa tanah 3-5 cm ke arah batang tanaman. Pemangkasan bertujuan untuk memperoleh cabang buah baru,merangsang pembentukan bunga,membuang cabang yang tidak produktif dan serang hama dan penyakit. Terdapat 3 jenis pemangkasan antara lain; Pemangkasan bentuk, Pemangkasan pemeliharaan dan Pemangkasan produksi.

Baca Juga :   Cara Sukses: Tabulampot Jeruk Lemon, Cepat Berbuah

Pemupukan

Bertujuan memastikan tersedia unsur hara baik makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman sebagai unsur pembangun pertumbuhan bisa tercukupi. Pemupukan jambu kristal dilakukan 3 kali yaitu;setelah tanaman jambu kristal berumur 3 bulan,6 bulan dan 12 bulan, jenis pupuk yang digunakan adalah jenis pupuk NPK (Natrium,Posfor dan Kalium),merek dagang bisa dicari ditoko-toko pertanian. Akan tetapi pupuk paling JOSS menurut saya adalah pupuk NPK Yaramila atau pupuk mutiara atau pupuk biru.

Pemberian pupuk di media pot dilakukan dengan cara di sebar saja,karena karena kalau dilakukan cara kocor (pelarutan pupuk dengan media air)pupuk NPK tersebut akan terbuang sia-sia melalui lubang air dibawah permukaan pot tanaman.  Pupuk diberikan dengan dosis 5-10 gram/tanaman/pot, saat tanaman jambu kristal memasuki umur tanam 3 bulan,selanjutnya pemberian pupuk ditambah setelah tanaman memasuki umur tanam 6 bulan sampai 12 bulan dengan dosis 15-20 gram/tanaman/pot.

Hama Dan Penyakit Jambu Kristal

Setiap pembudidayaan berskala besar dan skala kecil,atau Tabulampot sekali pun tidak terlepas dari serangan hama dan penyakit, tingkat serangan hama dan penyakit dapat menurunkan kualitas (mutu buah) dan kuantitas (jumlah buah). Terdapat jenis Hama dan Penyakit yang umum menyerang tanaman jambu kristal antara lain; Hama ulat, Penggerek  Buah , Lalat Buah. Sedangkan untuk jenis penyakit meliputi; Kanker kudis, Antrakose, Embun Jelaga dan Busuk Buah.

Panen

Tanaman jambu kristal dari hasil perbanyakan secara okulasi atau sambung pucuk, mulai berbunga dan berbuah setelah memasuki umur tanam 2-3 tahun. Untuk dikonsumsi segar buah dipetik buahnya di umur 109-114 hari setelah bunga mekar,teknis panen buah jambu kristal dengan memetik atau memotong tangkai buah.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Menanam Sendiri Jambu Kristal Tabulampot, Cepat Berbuah dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga :   Panduan Menanam Jambu Air Citra Di Pekarangan Rumah Cepat Berbuah

Baca Juga: