Literatur Lengkap Macam-Jenis Tanaman Hortikultura (Pomo-Oleri-Flori-Bio)

Posted on
Literatur Lengkap Macam-Jenis Tanaman Hortikultura (Pomo-Oleri-Flori-Bio)
5 (100%) 1 vote

Literatur Lengkap Macam-Jenis Tanaman Hortikultura (Pomo-Oleri-Flori-Bio)

Literatur Lengkap Macam-Jenis Tanaman Hortikultura (Pomo-Oleri-Flori-Bio) – Tanaman Hortikultura apa yang terlintas dipikiran sahabat pertanian apabila,mendengar kata Hortikultara?apakah tanaman hortikultura Erat Kaitanya dengan tanaman Sayuran dan Buah atau terdapat cabang ilmu yang tergolong dalam Keterogi komoditas hortikultura,oleh karena itu dari pada kesempatan kali saya mencoba memberikan informasi mengenai Macam Jenis Tanaman Hortikultura,sehingga sahabat pertanian dapat mengambil sebuah informasi berguna dan bermanfaat.

Literatur Lengkap Macam-Jenis Tanaman Hortikultura (Pomo-Oleri-Flori-Bio)

Pengertian (Definisi) Hortikultura

Definisi hortikultura berasal dari dua suku kata yaitu Hortus (kebun) dan Cultura (Budidaya) yang secara Harifah berarti ilmu yang mempelajari pembudidayaan tanaman kebun. Hortikultura lebih umum dan terkenal terbagi menjadi empat (4) cabang ilmu antara lain;  Polologi (Buah-Buahan),Olerikultura (Sayuran),Florikultura (Tanaman Hias) dan Biofarmaka (Tanaman Obat). Hortikultura di Indonesia menjadi salah satu sub sektor pertanian berpotensi untuk dikembangkan karena memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Komoditas hortikultura pada umumnya ditanam sebagai tanaman sela, tanaman pekarangan dan kebun. Untuk membedakan dengan jenis tanaman lain, tanaman hortikultura memiliki beberapa ciri-ciri :

Ciri-Ciri Tanaman Hortikultura

  • Komoditias hortikultura umumnya dimanfaatkan atau dipanen dalam kondisi dan keadaan segar. Hal ini karena,jenis komoditi bersifat mudah rusak (perishable)
  • Komponen utama penentu kualitas adalah air bukan oleh kandungan bahan kering dan bersifat berlimpah
  • Harga pasar sangat ditentukan oleh adanya kualitas dan kesegaran,bukan kebutuhan pokok bersifat pokok atau diperlukan dalam jumlah besar
  • Produk hortikultura juga diperuntukan pemenuhan kebutuhan rohani,sebagai sumber vitamin dan mineral bukan diutamakan sebagai sumber kalori dan protein (atau pangan).
Baca Juga :   Solusi Atasi Cabe Mahal: Dengan, Menanam Sendiri Cabe Merah Di Polybag

Tanaman holtikultura memiliki Prospek Pengembangan baik juga bernilai ekonomi tinggi dengan potensial, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Komoditas hortikultura secara langsung dapat meningkatkan apresiasi produk holtikultura yang awalnya hanya sebatas bahan pangan, tetapi juga terkait dengan fungsi-fungsi lainya.

Fungsi Utama Tanaman Hortikultura

  • Fungsi Penyedia Pangan. Sebagai penyedia vitamin, mineral, serat, dan senyawa lainnya untuk pemenuhan gizi
  • Fungsi Ekonomi. Umumnya komoditas tanaman hortikultura memiliki nilai ekonomi,yang tinggi menjadi sumber pendapat petani, pedagang,pengusaha,industri, dan lain-lain.
  • Fungsi Kesehatan. Jenis komoditas hortikultura sangat bermanfaat bagi kesehatan untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.
  • Fungsi Sosial dan Budaya. komoditas hortikultura bisa menjadi salah satu unsur keindahan dan kenyamanan lingkungan.

Macam-Jenis Tanaman Hortikultura

Macam Tanaman Hortikultura dapat dibagi menjadi empat (4) pengelompokan antara lain;tanaman Pomology, Tanaman Olericulture, Tanaman Floriculture dan Tanaman Biofarmaka

Tanaman Pomology

Merupakan cabang Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara berbudidaya buah-buahan. Terbagi menjadi dua yaitu; tanaman buah semusim dan tahunan.

Tanaman Buah Semusim. Merupakan jenis tanaman buah yang bisa di panen atau di manfaatkan hasil tidak kurang dari satu (1) tahun,umumnya berbentuk menjalar dan memiliki batang lunak. Jenis tanamanbuah semusim antara lain;Blewah,Melon,Semangka,Stroberi,Butter nut.

Tanaman Buah Tahunan. Merupakan jenis tanaman buah yang bisa di manfaatkan hasilnya tiap tahuan atau selalu berbuah di sepanjang tahunnya. Umumnya berbentuk pohon atau rumpun dengan struktur batang yang keras. Jenis tanaman buah tahunan antara lain; Alpukat, Belimbing, Duku, Langsat, Durian, Jambu Biji, Jambu Air, Jeruk Siam atau Keprok, Jeruk Besar, Mangga, Manggis ,Nangka, Cempedak, Nenas, Pepaya, Pisang, Rambutan ,Salak, Sawo, Markisa, Sirsak, Sukun, Apel , Anggur

Tanaman Olericulture

Merupakan cabang Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bertanam sayuran. Terbagi menjadi dua pengelompokan yaitu;tanaman sayuran semusim dan tahunan.

Baca Juga :   Panduan Teknis Budidaya Manggis Sebagai “Queen Of Fruits” Hortikultura

Tanaman Sayuran Semusim. Merupakan jenis tanaman dapat dimanfaatkan hasilnya atau dapat di panen tidak lebih dari satu (1) tahu sebagai penghasil sumber vitamin, garam mineral yang dikonsumsi berupa daun, bunga, buah dan umbinya. Jenis sayuran semusim antara lain; Bawang merah ,Bawang putih,Daun bawang, Kentang, Kol atau Kubis, Kembang kol,Petsai atau Sawi ,Wortel, Lobak, Kacang merah, Kacang panjang ,Cabai Merah,Cabai rawit ,Paprika ,Jamur ,Tomat ,Terong ,Buncis ,Ketimun ,Labu Siam ,Kangkung dan Bayam.

Tanaman Sayuran Tahunan meruapakan jenis tanaman penghasil sumber vitamin, garam mineral yang dikonsumsi dari bagian tanaman yang berupa daun, bunga, buah dan umbinya yang berumur lebih dari satu tahun serta berbentuk pohon. Jenis tanaman sayuran semusim antara lain; Melinjo,Petai  Dan Jengkol

Tanaman Floriculture

Merupakan cabang ilmu yang memperlajari mengenai jenis tanaman yang mempunyai nilai keindahan baik bentuk, warna daun, tajuk maupun bunganya, sering digunakan untuk penghias pekarangan dan bernilai estetika keindahaan. Jenis-jenis tanaman hias antara lain; Adenium, Aglaonema ,Anggrek ,Anthurium ,Anthurium, Anyelir,Caladiu, Cordylene, Dieffenbachia , Dracaena, Euphorbia, Gerbera (Herbras), Gladiol, Heliconia (Pisang-pisangan), Ixora (Soka), Krisan, Mawar, Melati, Monstera, Pakis, Palem, Phylodendron, Sansevieria dan Sedap Malam

Tanaman hias dapat dikelompokan menjadi beberapa bagian antara lain; Bunga potong, Daun potong, Tanaman pot, Bunga tabur dan Lansekap.

  • Jenis bunga potong meliputi; anggrek, anthurium bunga,anyelir, gerbera, gladiol, heleconia, krisan, mawar dan sedap malam.
  • Jenis daun potong meliputi; dracaena, monstera dan cordylene.
  • Jenis tanaman pot dibedakan menjadi dua kelompok yaitu; rumpun (sansevieria) dan pohon (aglaonema, adenium, euphorbia, phylodendron, pakis, dieffenbachia, anthurium daun dan caladium).
  • Jenis Bunga Tabur Meliputi Bunga Melati
  • Jenis Bunga Lansekap meliputi jenis palem dan soka
Baca Juga :   Inilah Caranya: Menanam Sendiri, Cabe Rawit Di Polybag Berbuah Lebat

Tanaman Biofarmaka

Merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang manfaat tanaman obat-obatan berupa daun, bunga, buah,umbi (rimpang) atau akar. Jenis tanaman biofarmaka antara lain; Dlingo, Jahe, Kapulaga, Kejibeling, Kencur, Kunyit, Laos atau Lengkuas ,Lempuyang, Lidah Buaya, Mahkota Dewa, Mengkudu, Sambiloto, Temuireng, Temukunci  dan Temulawak

Berdasarkan bentuk hasilnya tanaman biofarmaka dapat dibedakan menjadi beberapa kelompok yaitu; tanaman rimpang dan non rimpang.

  • Tanamam rimpang terdiri dari jahe, lengkuas, kunyit, lempuyang, temulawak, temuireng, temukunci dan dringo.
  • Tanaman non rimpang terdiri dari kapulaga,mengkudu/pace, mahkota dewa, sambiloto dan lidah buaya.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Literatur Lengkap Macam-Jenis Tanaman Hortikultura (Pomo-Oleri-Flori-Bio) dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga: