Jenis Kelengkeng Banyak Budidayakan Serta “Di Cari” Sepanjang Tahun

Posted on
Jenis Kelengkeng Banyak Budidayakan Serta “Di Cari” Sepanjang Tahun
5 (100%) 1 vote

Jenis Kelengkeng Banyak Budidayakan Serta “Di Cari” Sepanjang Tahun

Jenis Kelengkeng Banyak Budidayakan Serta “Di Cari” Sepanjang Tahun – Tanaman Kelengkeng adalah jenis buah tahunan subsektor Hortikultura berasal dari India timur,Burma atau Cina dan tergolong kerabat dekat dengan leci (lichi). Pada dasarnya asal-usul tanaman lengkeng merupakan tanaman dataran tinggi yang mampu beradaptasi dengan baik di dataran rendah.

Terdapat beberapa negera pengembang jenis tanaman buah ini meliputi; Thailand, Vietnam, China, Malaysia, dan Indonesia. Sentral produksi lengkeng di Indonesia meliputi; Ambarawa, Temanggung, Magelang, Wonosobo, Tawangmangu, Semarang, Kotamadya Salatiga dan Malang.

Jenis Kelengkeng Banyak Budidayakan Serta “Di Cari” Sepanjang Tahun

Tanaman lengkeng memiliki batang berkayu keras dengan tinggi mencapai 15 meter atau lebih, memiliki banyak percabangan dan membentuk tajuk (kanopi) rimbun dan kompak seperti payung. Terdapat klasifikasi tanaman lengkeng  (Dimocarpus litchi Lour) sebagai berikut :

  • Divisi : Magnoliophyta
  • Class : Magnoliopsida
  • Ordo : Sapindales
  • Famili : Sapindaceae
  • Genus : Dimocarpus
  • Spesies : Dimocarpus longan Lour.

Jenis-Jenis Kelengkeng

Terdapat jenis-jenis varietas lengkeng yang paling banyak di budidayakan dan dicari sepanjang tahun karena beberapa keunggulan baik dari segi rasa,kecepatan waktu berbuah maupun dari ukuran buah meliputi;lengkeng Diamond River, Lengkeng Itoh, Lengkeng Kristalin, Lengkeng Ping Pong, Lengkeng Puang Ray dan Lengkeng Aroma Durian.

Lengkeng Diamond River

Memiliki daun majemuk yang tiap tangkai terdapat 3-6 pasang bagian tepi bergelombang dan ujung daun runcing. memiliki ukuran bunga yang kecil kurang lebih 1,5-6 mm x 0,6-2 mm dengan warna bunga putih kekuningan. Buah berbentuk bulat dengan kulit buah tipis serta daging buah tebal dan berwarna hijau kecoklatan sampai coklat. Memiliki tajuk daun yang rimbun melebar ke samping dengan percabangan banyak atau genjah dan buah varietas Diamon river cenderung berair mengakibatkan habis menikmati buah kelengkeng di tangan agak lengket.

Baca Juga :   Cara Budidaya Buah Duku Yang Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Lengkeng Itoh

Merupakan hasil persilangan atau perpaduan antara kelengkeng diamond river dengan kelengkeng dari thailand. Jenis ini mampu beradaptasi dengan baik ketika ditanam di dataran rendah, akan tetapi tetap dalam proses keberhasilan menghasilkan produktivitas buah tinggi pemberian aplikasi pupuk serta hormon tambahan menjadi syarat tertentu membudidayakan jenis kelengkeng tersebut. Berikut ini keistimewaan dari kelengkeng jenis itoh meliputi; buahnya mempunyai rasa yang sangat manis, daging buahnya tebal, tidak berair dan mempunyai biji yang kecil, dapat di buahkan di bulan apapun dengan menggunakan obat perangsang buah, meski memerlukan waktu 2-3 tahun untuk dapat berbuah, tetapi saat panen buahnya melimpah.

Lengkeng Kristalin

Tidak jauh berbeda dengan jenis populernya”lengkeng kristalin” memiliki daging buah bening sehingga biji buahnya lebih transparan atau terlihat. Memiliki rasa dan aromanya sangat khas dan keistimewaan lengkeng ini semua pucuk berbuah dengan serentak ini karena jenis kelengkeng ini sudah terdapat bunga jantan dan bunga betina, jadi dengan hanya menanam satu pohon saja sudah bisa dipastikan dapat berbuah.

Lengkeng Ping Pong

Jenis kelengkeng ini memiliki karakteristik dan juga keistimewaan antara lain; memiliki bentuk tajuk serta bentuk daun memanjang, memiliki daun berbentuk oval dengan lebar 4 cm serta panjang berkisar 10-11 cm dengan bagian tepi daun melengkung, Memiliki buah berukuran sebesar menyerupai bentuk bola pimpong dengan biji besar, beraroma segar dengan kulit buah yang tipis dan mampu berbuah setelah umur 9-12 bulan jika bibit tersebut berasal dari cangkokan atau Okulasi.

Lengkeng Puang Ray

Jenis lengkeng ini berasal dari Thailand dan mampu tumbuh baik di dataran rendah. Memiliki jumlah buah lebih lebat daripada ‘Pingpong’, berdaging tebal, dan berbiji kecil. Daging buah tidak berair seperti varietas ‘Diamond River’. Mampu berbuah di umur setahun hasil perbanyakan dengan teknik sambung bersifat genjah serta frekuensi berbuah yang tinggi meski tanpa perlakuan khusus. Jenis lengkeng satu ini di percaya membawa keunggulan lengkeng Diamond River dan lengkeng Pingpong dalam satu buah. Kelebihan lain daging buahnya cenderung lebih kering dan biji buahnya kecil.

Baca Juga :   Teknik Budidaya Buah Blewah Yang Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan

Lengkeng Aroma Durian

jenis kelengkeng ini memiliki perpaduan rasa beraroma durian, begitu juga di aroma buahnya. Jenis aroma durian ini di percaya ada pertalian dengan Varietas pingpong. Pada kondisi tanaman normal, besar buahnya hampir sebesar buah dari lengkeng pingpong.J enis lengkeng ini percabangannya banyak sehingga untuk membuat rimbun pada jenis aroma durian ini sangat mudah.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Jenis Kelengkeng Banyak Budidayakan Serta “Di Cari” Sepanjang Tahun dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga: