Jenis Cabe (Capsicum sp) Paling Banyak Di Budidayakan Bernilai Ekonomis Tinggi

Posted on
Jenis Cabe (Capsicum sp) Paling Banyak Di Budidayakan Bernilai Ekonomis Tinggi
5 (100%) 1 vote

Jenis Cabe (Capsicum sp) Paling Banyak Di Budidayakan Bernilai Ekonomis Tinggi

Jenis Cabe (Capsicum sp) Paling Banyak Di Budidayakan Bernilai Ekonomis Tinggi – Tanaman Cabe adalah komoditas jenis sayuran semusim Hortikultura bernilai ekonomis menjadi bagian terpenting dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk berbagai jenis olahan makanan ternyata cabe juga mengandung vitamin A dan vitamin C serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan panas bila digunakan untuk campuran olahan makanan.

Cabe atau cabai merupakan tanaman perdu dari famili terong-terongan dengan penamaan ilmiah Capsicum sp berasal dari benua Amerika.  Terdapat Genus Capsicum terdiri atas 30 spesies lima di antaranya telah dibudidayakan, yaitu C. annuum, C. frutescens, C. pubescence, C. baccatum, dan C. chinense . Di antara lima spesies tersebut, yang paling banyak diusahakan di Indonesia adalah C. annuum (cabai merah besar dan keriting), kemudian diikuti oleh C. frutescens (cabai rawit).

Jenis Cabai (Capsicum sp) Paling Banyak Di Budidayakan Bernilai Ekonomis Tinggi

Tanaman cabe tumbuh optimal dengan tanah yang gembur,subur dan mengandung bahan organik, dengan ketinggian tempat dibawah 1400 m dpl. Di daerah dataran tinggi cabe dapat tumbuh akan tetapi tidak mampu berproduksi secara maksimal serta curah hujan 800-2000 mm/tahun. Membutuhkan penyinaran secara penuh dengan suhu ideal untuk budidaya cabe adalah 24-280 °Celcius,Serta dejarat keasamaan (pH) sekitar 6-7

Baca Juga :   Cara Sukses: Budidaya Cabe Jawa, Optimal Berbuah

Tahukah sahabat terdapat beberapa jenis cabe yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia, tentunya jenis cabe tersebut, adalah jenis cabe yang memiliki nilai komersial tinggi. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini,saya mencoba memberikan informasi jenis-jenis cabe yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia dan bernilai ekonomis tinggi.

Jenis Cabe Banyak Dibudidayakan & Bernilai Ekonomis Tinggi

Adapun jenis cabe banyak dibudidayakan dan bernilai ekonomis tinggi yang diantaranya yaitu:

Cabe Besar (Capsicum annum L)

Merupakan jenis cabe yang memiliki ukuran rata-rata panjang berkisar 6-10 cm, diameter 0,7-1,3 cm, dapat tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi. Dengan ciri-ciri memiliki bentuk buah besar dengan panjang dan meruncing,buah muda memiliki warna hijau,buah tua berwarna merah,mempunyai kulit buah tipis serta memiliki banyak biji dengan rasa agak pedas.

Cabe Merah Besar

Jenis cabe ini merupakan jenis golongan dari cabe besar dengan karateristik bunga cabe berwarna putih yang tiap bukunya terdapat satu kuntum bunga. Memiliki permukaan buah rata,halus dan berkulit daging tebal dengan kadar kapsaisin rendah. Matang Fisiologis berwarna merah berumur genjah dan dapat tumbuh di berbagai daerah ketinggian baik rendah maupun tinggi.

Cabe Merah Keriting

Merupakan jenis dari golongan cabe besar yang lebih populer dengan sebutan cabe keriting dengan karakteristik bunga berwarna putih atau ungu. Permukaan kulit buah tipis,tidak mulus melainkan bergelombang atau keriting dengan bentuk buah yang panjang serta berdiameter lebih kecil dibandingkan buah cabai besar.

Cabe Hijau

Merupakan jenis golongan cabe besar yang pada dasarnya adalah cabe merah besar atau cabe merah keriting yang dipanen saat masih berwarna hijau atau dengan kata lain panen muda atau panen dini.

Baca Juga :   Manfaatkan Luas Pekarangan Dengan Menanam Serai “Secara Komersial”

Umumnya daerah penanaman cabe tidak memungkinkan untuk memanen hasil cabe saat matang fisiologis hal ini karena, kondisi cuaca yang buruk serta mengkhawatirkan untuk cabe apabila, tidak dipanen dini akan menimbulkan kerugian besar . Cabe hijau memiliki rasa sepedas cabe merah dan harganya pun lebih murah.

Cabe Rawit

Siapa tak mengenal jenis cabe yang satu ini cabe ini memiliki bentuk kecil,namun dengan rasa yang super pedas. Tidak salah bila cabe ini sering menjadi makna sebuah kata kiasan untuk anak-anak hebat”kecil-kecil cabe rawit”.

Cabe ini memiliki ukuran buah dengan panjang berkisar 2-3,5 cm serta diameter 0,4-0,7 cm. Jenis cabe ini memiliki banyak variasi warna mulai dari kuning,oranye dan merah. Tanaman cabe rawit dapat berbuah sepanjang tahun, tahan hujan dan dapat tumbuh di dataran rendah sampai tinggi.

Cabe Hibrida

Merupakan jenis cabe hasil persilangan dan seleksi adaptasi lingkungan dengan berbagai teknik pemulian tanaman modern.  Cabe jenis ini memiliki keunggulan yang terlihat dari tingkat kemampuan produktivitas, tingkat keseragaman tumbuh dan ketahanan terhadap hama dan penyakit.

Terdapat beberapa jenis cabe hibrida yang banyak dibudidayakan petani cabe antara lain; Cabe merah (Hot beauty, Emerald, Horison, Imperial, Biola, Inko hot), Cabe keriting (Lembang-1, Tanjung-1, Tanjung-2, Kunthi, Papirus), Cabe rawit (Discovery, Bara, Taruna, Dewata, Juwita). Dan Paprika (Hairloom, Edison, Suniya).

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Jenis Cabe (Capsicum sp) Paling Banyak Di Budidayakan Bernilai Ekonomis Tinggi dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga:

Baca Juga :   Inilah, Jenis Jeruk: Banyak Dibudidayakan Dan Di Cari Sepanjang Tahun