Inilah Fakta Jus Wortel Mencegah Penuaan Dini

Posted on
Inilah Fakta Jus Wortel Mencegah Penuaan Dini
5 (100%) 1 vote

Inilah Fakta Jus Wortel Mencegah Penuaan Dini

Inilah Fakta Jus Wortel Mencegah Penuaan Dini – Wortel (Dancus carota.L). merupakan jenis tanaman sayuran yang tergolong kedalam 22 jenis tanaman paling komersial di Indonesia. Tanaman mampu hidup didaerah sub-tropis dan tropis,ini adalah jenis tanaman semusim,berbentuk perdu,berbatang pendek, berumbi bulat panjang, dengan sistem perakaran tunggang dan berasal dari Asia Timur.

Dewasa ini sejalan dengan kemajuan teknologi dan informasi,gaya hidup (life style) dan pola makan instan (sebar cepat),berolah raga, hal ini menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh terutama bagi kesehatan. “Salah satu fatal bagi penampilan yaitu Penuaan Dini”.

Inilah Fakta Jus Wortel Mencegah Penuaan Dini

Penuan Dini

Didefinisikan sebagai proses penurunan fungsi organisme dan perubahan struktur sel akibat bertambahan usia. Tanda penuan dini bisa berupa perubahan fisik dan psikis seseorang seperti; masa otot yang berkurang, lemak meningkat, kulit mengkerut,daya ingat menurun, fungsi seksual berkurang, kemampuan kerja menurun dan sakit tulang.

Faktor penyebab penuan dini disebabkan oleh 2 faktor antara lain; Faktor internal (radikal bebas, hormon yang berkurang,opotosis, genetik dan sistem kekebalan menurun) dan faktor eksternal (gaya hidup tidak sehat,kebiasaan salah,polusi lingkungan dan stress). Untuk mencegah faktor penyebab penuaan dini dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis makanan dan minuman yang bergizi lagi sehat untuk mencegah terjadi penuaan dini,salah satu dengan mengkonsumsi Jus Wortel.

Tanaman Wortel

Jenis tanaman sayuran yang tinggi akan Vitamin A dan Karoten (pigmen berwarna kuning dan orange yang terdapat pada buah dan sayuran),yang kita ketahui bersama bermanfaat untuk menjaga kesehatan indra pengliatan (mata).

Baca Juga :   Budidaya Bunga Melati

Setiap 100 gram wortel segar mengandung sejumlah nilai gizi antara; Vitamin A (7125.SI), Air (89,9 gram), Energi (36 kalori), Karbohidrat(7,9 gram), Protein(1.0 gram), Lemak(0,6 gram), Fosfor(0,074 gram), Natrium(0,07 gram), Kalsium(0,045 gram), Serat(0,001 gram),Vitamin C(0,018 gram), Serat (0,001 gram), Besi(0,001 gram), Niasin (0,001 gram),Tiamin (0,04 mg) dan Riboflavin(0,04 mg). Kandungan nutrisi yang lengkap dan ditambah senyawa baik seperti Beta Karoten berfungsi sebagai Antioksidan aktif  yang menyeleksi(filter) radikal bebas , memperbaiki struktur sel, sekaligus melindungi jaringan kolagen kulit sehingga jaringan tersebut tidak rusak dan penuaan dini bisa cegah sedini mungkin.

Cara Pembuatan Jus Wortel Untuk Mencegah Penuan Dini

  • Siapkan dan pilih wortel segar, kemudian bersihkan wortel tersebut dari kotoran yang melekat dengan air bersih,kemudian tiriskan.
  • Wortel terpilih selanjutnya di potong kecil-kecil berukuran 1-5 cm,untuk mempermudah dalam proses penghaluskan dengan mengunakan alat blender, tambahkan sedikit air matang 200-300 ml.untuk mendapatkan 1 gelas (sesuaikan dengan kebutuhan),Proses penghalusan berlangsung selama 1-5 menit.
  • Lakukan penyaringan dengan alat saring,sampai tidak terdapat ampas kasar hasil penghalusan dengan mesin blender.
  • Selanjutnya minum jus wortel 2 kali seminggu, sebanyak 1 gelas secara rutin untuk mendapat manfaat wortel secara keselurahan.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Inilah Fakta Jus Wortel Mencegah Penuaan Dini dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga: