Inilah Bahan Yang Diperlukan Dalam Budidaya Belut

Posted on
Inilah Bahan Yang Diperlukan Dalam Budidaya Belut
5 (100%) 1 vote

Inilah Bahan Yang Diperlukan Dalam Budidaya Belut

Inilah Bahan Yang Diperlukan Dalam Budidaya Belut – Untuk hal demikian selain media, hal ini yang tidak kalah penting dan diperlukan dalam budidaya belut ialah alat dan bahan yang diperlukan dalam membuat media tersebut. Tanpa adanya bahan dan alat, maka sebuah media untuk budidaya belut tidak akan terbentuk. Adapun bahan utama yang diperlukan untuk membuat media dalam budidaya belut antara lain sebagai berikut:

Inilah Bahan Yang Diperlukan Dalam Budidaya Belut

Media Tanah Lumpur

Lumpur ialah tempat terbaik untuk keberlangsungan hidup belut, lumpur memiliki fungsi sebagai penahan suhu udara agar tidak panas. Sebab belut tidak suka dengan suhu panas. Tanah lumpur yang baik untuk budidaya belut sebaiknya yang tidak lengket dan ulet “tetapi liat berpori”, karena akan mempersulit belut untuk membuat lubang. Tanah lumpur dapat kalian peroleh di tanah permukaan sawah dan tanah di sekitar tepian sungai atau rawa.

Media Humus

Humus dapat digunakan sebagai bahan utama dalam budidaya belut, humus biasanya berasal dari sisa tumbuhan, dedaunan kering, akar cabang, daun dan batang tumbuhan yang mengalami proses pembusukan dengan bantuan mikroorganisme secara alami.

Media Pupuk Kompos

Pupuk kompos sangat membantu proses perkembangbiakan belut yang ada dalam suatu media, pupuk kompos dapat diperoleh dari hasil pelapukan dan penimbunan berbagai jenis dedaunan, alang-alang, jerami, kotoran hewan atau sampah organik. Untuk mempercepat proses pelapukan pada kompos dengan cara merangsang perkembangan bakteri pengurai bisa menggunakan bantuan manusia.

Baca Juga :   Cara Beternak Sapi Potong Yang Baik

Media Jerami

Jerami ialah batang padi yang sudah kering, jerami juga dapat digunakan sebagai bahan organik untuk menyuburkan media budidaya, belut yang diberi media berupa jerami akan merasa hangat dan terlindungi.

Sekam Padi

Sekam padi ialah kulit padi sisa dari biji padi yang sudah ditumbuk, meskipun sekam padi termasuk limbah, tetapi setelah melalui proses pemeraman dapat digunakan sebagai media budidaya belut.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Inilah Bahan Yang Diperlukan Dalam Budidaya Belut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 🙂 🙂 🙂 

Baca Juga: