Hasilkan Uang, Dari Usaha Sampingan Budidaya Ikan Cupang Hias

Posted on
Hasilkan Uang, Dari Usaha Sampingan Budidaya Ikan Cupang Hias
5 (100%) 1 vote

Hasilkan Uang, Dari Usaha Sampingan Budidaya Ikan Cupang Hias

Hasilkan Uang, Dari Usaha Sampingan Budidaya Ikan Cupang Hias – Ikan Cupang (Betta sp.) merupakan jenis ikan air tawar yang hidup di perairan tropis dengan habitat asli di sungai, danau, dan rawa berarus tenang. Ikan cupang selain memiliki nilai Estetika terdapat melalui sirip dan ragam jenis warnanya,ternyata sifat agresif ikan cupang terhadap ikan cupang lainnya sehingga, ikan ini juga sangat populer sebagai jenis ikan aduan.

Terdapat lebih dari 73 spesies ikan cupang tersebar di seluruh dunia terutama Asia Tenggara dengan beberapa spesies yang cukup populer seperti; Betta splendens, Betta mahachai, Betta stiktos, Betta smaragdina, serta Betta imbellis.

Hasilkan Uang, Dari Usaha Sampingan Budidaya Ikan Cupang Hias

Peluang Usaha Budidaya Ikan Cupang

Prospek usaha budidaya jenis ikan ini cukup menjanjikan dan mengiurkan,teknologi budidaya ikan cupang terbilang sederhana dengan modal usaha relatif rendah,pemijahan serta biaya perawatan untuk jenis ikan ini relatif sederhana. Untuk pemasaran ikan cupang dibagi dalam dua kategori yaitu jenis ikan hias dan jenis ikan aduan. Harga pun terbilang cukup mahal mulai dari Rp.50.000-Rp. 500.000 bahkan lebih,tergantung dari nilai estetika,warna,sirip,agresif,unggul dalam kontes.

Budidaya ikan cupang cocok bagi sahabat yang tengah mencari referensi usaha sampingan,selain karena perawatan mudah ikan jenis ini pun dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah,lumayan buat tambahan anak sekolah,keperluan dapur. Oleh karena itu,pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan informasi bagaimana cara berbudidaya baik dan benar mengenai ikan cupang.

Baca Juga :   Cara "Sukses" Budidaya Ikan Nilem Yang Menguntungkan

Tahapan Budidaya Ikan Cupang

Pemilihan Indukan Unggul

Kriteria indukan ikan cupang sangat menentukan keberhasilan dalam proses pemijahan atau perkawinan,pilihlah indukan cupang berkualitas,sehat serta tidak cacat (abnormal). Terdapat ciri-ciri ikan cupang yang bisa dijadikan indukan, untuk ikan cupang jantan telah berusia sekitar 4-8 bulan dengan postur tubuh memanjang, sirip berukuran panjang, sisik berwarna cerah dengan gerakan lincah serta agresif. Sedangkan untuk ikan cupang betina baik telah berumur sekitar 3-4 bulan, bentuk postur badan membulat, siripnya agak pendek, sisik warna cenderung kusam dengan gerakan lebih lambat.

Pemijahan Indukan

Siapkan tempat pemijahan ikan cupang berupa wadah atau baskom,kemudian diisi dengan air setinggi ± 10-15 cm. Dilanjutkan dengan memberikan ijuk atau jenis tanaman air sebagai media meletakan telur. Perlu sahabat ketahui bahwa telur hasil perkawinan dapat mencapai 500-1000 butir telur.

Tahapan selanjutnya dengan memasukkan ikan cupang jantan dan betina ke dalam kolam pemijahan, selama 24 jam hingga terbentuk gelembung-gelembung udara .Itu pertanda telah terjadi proses pembuahan,segera keluarkan ikan cupang betina dari kolam pemijahan biarkan indukan jantan bersama telur, hal ini mencegah telur dimakan indukan betina.

Selanjutnya simpan wadah atau baskom di tempat gelap dan jangan dipindah-pindah agar gelembung telur tidak rusak,selama dalam proses tersebut ikan cupang jantan tidak usah diberi pakan. Biarkan selama 7-10 hari, dilanjutkan dengan memisahkan indukan ikan cupang jantan, beserta anakan-anakan cupang ke tempat lebih besar.

Perawatan Ikan Cupang

Dimulai dengan memberikan pakan berupa; kutu air, cacing sutera, dan larva nyamuk. Pemberian pakan dilakukan 3-4 kali/hari untuk mendukung pertumbuhan. pemberian pakan dilakukan sampai benar-benar ikan cupang siap untuk dipisahkan di masing-masing wadah untuk tumbuh besar dan dewasa. Anakan ikan cupang akan tumbuh besar dan siap untuk dipindahkan setelah 2-3 bulan,hal ini untuk mencegah sifat agresif ikan cupang apabila,dibiarkan hidup berkelompok.

Baca Juga :   7 Cara Budidaya Ikan Koi "Mudah dan Pasti Berhasil"

Pemindahan di dalam wadah plastik atau toples kaca bening bertujuan untuk memudahkan dalam pengontrolan pertumbuhan, lakukan pergantian kualitas air toples minimal 2-3 kali/bulan untuk mencegah ikan cupang terinfeksi penyakit sebagai akibat, air toples yang keruh dan kotor. Khusus untuk ikan cupang dari jenis aduan, baiknya pemeliharaan pada tiap toples-toples sedikit dijarangkan untuk menghindari sifat agresif bila melihat pejantan lain. Letakkan stoples ini di ruangan yang minim cahaya agar perkembangan ikan cupang lebih optimal.

Untuk lebih mencerahkan warna sebagai daya tarik ikan tersebut,perawatan khusus harus dilakukan hal ini karena,itulah nilai jual dari ikan tersebut. Pemberian daun ketapang yang terbukti memberikan efek terbaik meningkatkan kualitas mutu air tumbuh ikan cupang,serta lebih mencerahkan warna ikan cupang. Pemberian daun ketapang dilakukan 1 kali dalam 1 bulan untuk menjaga kualitas air tumbuh ikan cupang tidak kotor dan keruh.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Hasilkan Uang, Dari Usaha Sampingan Budidaya Ikan Cupang Hias dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga: