Formula Sederhana Meningkatkan Bobot Berat Ikan Lele

Posted on
Formula Sederhana Meningkatkan Bobot Berat Ikan Lele
5 (100%) 1 vote

Formula Sederhana Meningkatkan Bobot Berat Ikan Lele

Formula Sederhana Meningkatkan Bobot Berat Ikan Lele – Ikan Lele merupakan jenis komoditi aquakultur unggulan ikan air tawar dan tergolong kedalam budidaya kolam air tenang,yang kini menjadi pilihan petani ikan untuk dibudidayakan secara komersial di Indonesia. Ikan yang memiliki ciri khas dengan tubuh yang licin, berbentuk pipih memanjang serta memiliki kumis ini mempunyai arti dalam bahasa inggris Catfish yaitu ikan yang lincah dan kuat,ikan lele banyak dibudidayakan secara komersil untuk konsumsi.

Faktor keberhasilan pembudidaya ikan lele adalah salah satu dengan meningkatkan BOBOT berat ikan lele ketika memasuki rotasi panen,hal ini menjadi URGENT karena dalam hal meningkat hasil pendapatan terlebih ikan lele yang dipanen memiliki bobot yang berat.

Formula Sederhana Meningkatkan Bobot Berat Ikan Lele

Oleh karena itu, perlu ada solusi alternatif meningkatkan nafsu makan ikan lele dengan cara sederhana, murah, bahan baku nya mudah dicari, dan tidak menimbulkan dampak berbahaya bagi ikan lele yang tengah kita budidayakan,salah satu dengan memanfatkan kandungan TEMULAWAK sebagai formula alami dalam meningkatkan nafsu makan dengan cara mencampurkan formula tersebut kedalam pakan atau pellet.

Kandungan Temulawak

temulawak adalah tumbuhan berumpun berbatang semu yang tergolong kedalam famili Zingiberaceaedengan penamaan ilmiah Curcuma xanthorrhiza ROXB yang berasal dari Kawasan Indo-Malaysia di Asia Tenggara.  Temulawak banyak dimanfaatkan dengan cara mengambil bagian rimpang untuk di olah menjadi bahan baku obat-obatan.

Rimpang temulawak mengandung 48-59, 64 % zat tepung, 1,6-2,2 % kurkumin dan 1,48-1,63 % dengan kandungan kimia Alto-Aromadendre, β–Atlanton, α–Bergamoten, β-Bisabolol, Bisacumol, Bisacuron,Bisacuron A, Bisacuron B, Bisacuron C, Bisacuron epoksida, Borneol, Isoborneol, Kamfen, Kamfor, 1,8 Sineol, Ar-kurkumen, α- kurkumen, β- kurkumen, Kurkufenol , Kurzeren, Kurzerenon, P- Sinem, 2-(1,5-Dimetilheks-4-enil) 4 metilfenol, β– Elemen, δ – Elemen, γ – Elemen, β- Famesen, Furanodienon, Germakonm,Isofuranogermakren, Limonen, Linalol, Mirsen,  α- Pinen, β- Pinen, Sabinen,β-Seskuifelandren, α- Terpineol, Trisiklen, Turmerol, Ar-turmeron,βturmeron, Xantorizol dan Zingiberen yang keseluruhanya bermanfaatkan sebagai formula efektif meningkatkan nafsu makan.

Baca Juga :   Cara Budidaya Buah Naga

Pemanfaatan temulawak di Indonesia sebagai penambah nafsu makan ikan lele bukan,hal baru dalam perkembangan budidaya ikan,petani ikan lele telah lama menerapkan cara tradisional ini dan terbukti mampu meningkatkan bobot berat ikan lele.

Cara Membuat Formula Temulawak

  • Siapkan rimpang temulawak segar sebanyak 500 gram,kemudian bersihkan dengan air mengalir,sampai keadaan rimpang benar-benar bersih dari kotoran.
  • Selanjutnya rimpang temulawak yang telah bersih tersebut diparut,dan dicampur dengan air hangat sebanyak 2 liter,diamkan selama 5-7 menit.
  • Kemudian campurkan air perasan temulawak tersebut,dengan pakan lele berupa pellet dengan perbandingan 2:1 artinya,2 liter air perasan temulawak berbanding dengan 1 kg pellet,diamkan selama 5 menit untuk memastikan bahan tercampur secara sempurna.
  • Tahapan terakhir berikan formula pellet temulawak 1 minggu sekali,selama satu bulan. Selanjutnya timbang berat lele sampel yang diambil secara acak pada kolam budidaya,kemudian bandingan dengan ikan lele yang diberikan formula temulawak dengan ikan lele yang tidak diberikan formula temulawak,perbedaan akan terlihat.
  • Selamat mencoba sahabat pertanian,cara ini terbukti sukses dalam meningkatkan bobot berat ikan lele dan banyak dipraktekan petani ikan lele di jawa tengah,sebagai salah sentra ikan lele di Indonesia.

Semoga dengan adanya ulasan mengenai Formula Sederhana Meningkatkan Bobot Berat Ikan Lele dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga: