Cara Sukses: Tabulampot Jeruk Lemon, Cepat Berbuah

Cara Sukses: Tabulampot Jeruk Lemon, Cepat Berbuah
5 (100%) 1 vote

Cara Sukses: Tabulampot Jeruk Lemon, Cepat Berbuah

Cara Sukses: Tabulampot Jeruk Lemon, Cepat Berbuah – Jeruk Lemon merupakan jenis buah sumber vitamin C terbaik dan berperan penting dalam kesehatan tubuh manusia sebagai antibodi sistem kekebalan tubuh,antioksidan,menjaga kesehatan kulit dan mencegah sel kanker. Mengkonsumsi rutin jus lemon setengah cangkir (125 ml) mengandung sekitar 50 mg vitamin C, sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Buah lemon atau sitrun tergolong tanaman buah tahunan, bidang ilmu Hortikultura dengan klasifikasi genus Citrus memiliki penamaan ilmiah (Citrus limon Burmf.). Jeruk lemon banyak dimanfaatkan untuk olahan makan dan minuman, tidak hanya itu saja dewasa kini pemanfaatan lemon semakin berkembangan dengan tumbuhnya industri-industri, seperti;industri minuman kemasan, farmasi kesehatan, kosmetik dan parfum yang berbahan baku jeruk lemon.

Cara Sukses: Tabulampot Jeruk Lemon, Cepat Berbuah

Peluang Agribisnis Tambulampot Lemon

Prospek budidaya jeruk lemon di Indonesia cukup berkembang dan bernilai ekonomis tinggi. Seperti kita ketahui bersama jeruk lemon sumber vitamin C terbaik, bercocok tanam dalam tambulampot (Tanaman Tumbuh Dalam Pot) bukan hal, yang baru dalam teknologi budidaya pertanian.

Namun cara tanam Tambulampot dinilai efektif dan efisien menanam dilahan terbatas dan menjadi tanaman keluarga untuk dimanfaatkan hasilnya. Tinggi kesadaran masyarakat akan penting kesehatan sejak dini,menjadikan buah jeruk lemon dapat menjadi opsi terbaik sebagai sumber vitamin C untuk menjaga kesehatan tubuh sehari-hari.

Baca Juga :  Budidaya Apel Malang Secara Baik Dan Benar Untuk Pemula

Budidaya Lemon Tambulampot

Pengadaan Bibit Lemon

Bibit Jeruk lemon dapat diperbanyak dengan cara generatif (biji) dan dengan cara vegetatif (sambung dan cangkok). Faktor keberhasilan dalam menanam jeruk lemon mengetahui asal-usul bibit indukan yang berkualitas. Sangat dianjurkan mengunakan bibit yang berasal dari perbanyakan vegetatif,hal karena terdapat beberapa keunggulan antara lain; memiliki sifat unggul dengan indukannya dan waktu panen buah jeruk lemon relatif antara 2-3, tahun, bila dibandingkan dengan biji (generatif) butuh waktu berbuah hingga 5-6 tahun lamanya.

Pembuatan Media Tambulampot

Dibuat 3-6 hari sebelum bibit jeruk lemon siap untuk ditanam,media pot diisi dengan media yang berkomposisikan sejumlah bahan organik, berupa tanah top soil (tanah lapisan atas) dan pupuk Kandang atau kompos dengan perbandingan 2:1,yang dicampur secara merata. Masukan media campuran tersebut ke dalam pot, kemudian padatkan dan susun rapi di sebuah pelataran atau ruang terbuka. Jumlah pot disesuaikan dengan kebutuhan jeruk lemon yang akan dibudidayakan.

Penanaman

Sangat dianjurkan dilakukan pada padi atau sore hari, untuk menghindari sinar matahari berlebih,yang akan mengakibatkan bibit jeruk lemos menjadi layu dan mati. Penanaman dapat dimulai dengan memasukan bibit jeruk lemon telah berumur 4-5 bulan.

Teknik penanaman dimulai dengan terlebih dahulu merobek plastik polibeg dan meletaknya tepat ditengah-tengah pot pada kedalaman ± 10-13 cm atau sebatas leher permukaan polibeg,kemudian tutup dan padatkan. Berikan sejumlah berikan air secukupnya,langkah sahabat berikutnya untuk lebih mengoptimalkan pertumbuhan meliputi;penyiangan,pembumbunan dan pemupukkan

Pemeliharaan Tambulampot

Pada dasarnya setiap tanaman buah untuk tumbuh subur dan berbuah memerlukan perawatan untuk menstimulan pembentukan buah,menghindari pesaing rumput yang tumbuh di sekeliling pot,pemupukan tepat. Kegiatan pemeliharaan dapat dimulai dengan penyiraman 2 kali sehari,tanaman jeruk lemon mengalami fase kritis pertumbuhan di 1-2 bulan,oleh karena penting untuk dilakukan penyiraman untuk memaksimalkan pertumbuhan vegetatif (tunas,batang dan daun).

Baca Juga :  Kultur Teknis: Menanam Mangga Di Polybag, Cepat Berbuah

Selanjutnya lakukan Penyiangan dan pembumbunan dari pertumbuhan gulma yang tumbuh disekeliling pot,secara manual yaitu dengan cukup mencabut rumput yang berada di sekeliling pot,di ikuti dengan kegiatan pembumbunan untuk mengemburkan tanah dan menaikan massa tanah 3-5 cm ke arah batang tanaman.

Pemupukan

Pemupukan merupakan kegiatan memastikan tersedia unsur hara baik makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman sebagai unsur pembangun pertumbuhan bisa tercukupi, pemupukan jeruk lemon dilakukan 3 kali yaitu;setelah tanaman lemon berumur 1 bulan,6 bulan dan 12 bulan, jenis pupuk yang digunakan adalah jenis pupuk NPK (Natrium,Posfor dan Kalium),merek dagang bisa dicari ditoko-toko pertanian. Akan tetapi pupuk paling JOSS menurut saya adalah pupuk NPK Yaramila atau pupuk mutiara atau pupuk biru.

Pemberian pupuk di media pot dilakukan dengan cara di sebar saja,karena karena kalau dilakukan cara kocor (pelarutan pupuk dengan media air)pupuk NPK tersebut akan terbuang sia-sia melalui lubang air dibawah permukaan pot tanaman.  Pupuk diberikan dengan dosis 5-10 gram/tanaman/pot, saat tanaman jeruk lemon memasuki umur tanam 1 bulan,selanjutnya pemberian pupuk ditambah setelah tanaman memasuki umur tanam 6 bulan sampai 12 bulan dengan dosis 15-20 gram/tanaman/pot.

Hama Dan Penyakit Tanaman

Setiap pembudidayaan berskala besar dan skala kecil,atau tambulampot tidak terlepas dari serangan hama dan penyakit,tingkat serangan hama dan penyakit dapat menurunkan kualitas (mutu buah) dan kuantitas (jumlah buah). Hama yang umum menyerang jeruk lemon antara lain;kutu loncat,kutu daun,tungau,thirps,ulat daun,kutu sisik,pengerek buah,lalat buah,puru buah,kutu dompolan,kumbang belalai,ulat daun dapat dikendalikan dengan penyemprotan jenis insektisida.

Sedangkan untuk penyakit meliputi; CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration), CTV (Citrus Tristeza Virus),Blendok atau Diplodia,Embun Jelaga,Penyakit Embun Tepung (Oidium tingitanium Carter),Kudis dan Busuk Pangkal Batang (Phytophthora sp) cukup dilakukan dengan fungsida dan bakterisida.

Baca Juga :  Teknologi Efektif Budidaya Cabe Merah (Capsicum annum.L) Baik Dan Benar

Panen

Jeruk lemon dengan pertumbuhan terbaik dapat dilakukan pada tahun 2-3 untuk bibit yang berasal dari perbanyak vegetatif (Sambung dan Cangkok) dan umumnya 6-7 bulan setelah penyerbukan bunga untuk menjadi buah. Ciri buah Jeruk lemon masak (matang fisiologis) ditandai dengan perubahan warna kulit berwarna kuning cerah, Pemetikan buah dapat dilakukan menggunakan tangan atau gunting.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Sukses: Tabulampot Jeruk Lemon, Cepat Berbuah dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga:

 

/* */