Cara Budidaya Lele dalam Drum

Budidaya lele dalam drum merupakan salah satu cara yang mudah dan praktis untuk memulai usaha pembesaran ikan lele. Metode ini cocok bagi para pemula yang ingin mencoba berbisnis di bidang perikanan. Budidaya lele dalam drum juga bisa dilakukan di pekarangan rumah dengan lahan yang terbatas. Berikut ini adalah langkah-langkah cara budidaya lele dalam drum.

Persiapan Drum

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan drum yang akan digunakan sebagai wadah untuk budidaya lele. Drum yang digunakan sebaiknya bersih dan tidak terkontaminasi oleh bahan kimia atau zat berbahaya lainnya. Ukuran drum yang ideal untuk budidaya lele adalah 200 liter atau lebih besar.

Setelah itu, lubang-lubang kecil perlu dibuat di sisi drum sebagai aerasi. Lubang-lubang tersebut akan memungkinkan air dan oksigen masuk ke dalam drum, sehingga ikan lele bisa hidup dengan baik.

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang digunakan untuk budidaya lele dalam drum adalah campuran antara sekam padi dan dedak. Persiapan media tanam sebaiknya dilakukan beberapa hari sebelum ikan lele ditebar. Media tanam harus dicampur dengan air hingga kelembaban yang sesuai.

Penyiapan Bibit Lele

Bibit lele yang akan ditebar sebaiknya berasal dari peternakan yang terpercaya. Bibit lele yang berkualitas akan mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan ikan lele. Saat memilih bibit, pastikan bibit lele yang dipilih tidak cacat atau terinfeksi penyakit.

Penyediaan Pakan

Pakan yang baik untuk ikan lele adalah pakan buatan. Pakan tersebut bisa diperoleh di toko perikanan atau peternakan ikan. Pakan juga bisa dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan seperti dedak, tepung ikan, tepung kedelai, tepung jagung, dan vitamin. Pakan lele perlu diberikan secara rutin untuk memastikan pertumbuhan dan kesehatan ikan lele.

Penyebaran Bibit Lele

Setelah drum dan media tanam siap, bibit lele bisa ditebar di dalam drum. Sebelum ditebar, pastikan bibit lele sudah disimpan di dalam air selama beberapa menit untuk mengurangi stres. Penyebaran bibit lele sebaiknya dilakukan di waktu pagi atau sore hari.

Pemeliharaan Ikan Lele

Agar ikan lele bisa tumbuh dengan baik, pemeliharaan yang baik juga perlu dilakukan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan ikan lele adalah sebagai berikut:

  • Memastikan suhu air tetap stabil
  • Mengganti air secara rutin
  • Memberikan pakan secara teratur
  • Membersihkan drum secara rutin
  • Menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya

Pemanenan Lele

Setelah ikan lele tumbuh dengan baik, pemanenan bisa dilakukan. Pemanenan dilakukan dengan cara menguras air dalam drum dan menangkap ikan lele menggunakan jala. Ikan lele yang sudah tertangkap sebaiknya segera dipindahkan ke tempat penyimpanan yang sudah disiapkan.

Kesimpulan

Budidaya lele dalam drum merupakan cara budidaya ikan yang mudah dan praktis. Meskipun terkesan sederhana, tetapi budidaya lele dalam drum juga membutuhkan perhatian dan pemeliharaan yang baik agar ikan lele bisa tumbuh dengan baik. Dengan mengikuti langkah-langkah cara budidaya lele dalam drum di atas, diharapkan para pemula bisa memulai usaha budidaya ikan lele dengan lebih mudah dan sukses.

Video:Cara Budidaya Lele dalam Drum