Cara Budidaya Belimbing Wuluh Media Pot

Posted on
Cara Budidaya Belimbing Wuluh Media Pot
Rate this post

Cara Budidaya Belimbing Wuluh Media Pot

Cara Budidaya Belimbing Wuluh – Belimbing uluh atau wuluh atau belimbing sayur dikenal dengan nama ilmiah Averrhoab belimbing, dengan daunnya majemuk, bentuk daun kecil dengan ujung meruncing dan tepi daun rata. Jika dibandingkan dengan jenis belimbing buah, daun belimbing sayur lebih berbulu. 
Belimbing wuluh atau belimbing sayur tinggi pohonnya bisa sampai 10 meter dan dapat berumur puluhan tahun, walaupun demikian tanaman ini cepat sekali berbuah, pada umur 3 tahun, buah sudah dapat dipetik dari batangnya. 
Cara Budidaya Belimbing Wuluh
Tanaman yang terkenal sebagai bumbu masakan untuk membuat gulai ikan, supa ikan atau pepes ikan ini memang banyak manfaatnya tidak hanya untuk sayur, belimbing wuluh juga sangat baik untuk membersihkan perabotan rumah tangga terutama yang terbuat dari tembaga atau kuningan dengan cara di gosok-gosokan, juga sangat bagus sebagai pengganti jeruk nipis untuk membersihkan lemak yang menempel di piring atau sendok yang susah kalau dibersihkan dengan sabun biasa. 

Cara Pembibitan Dan Menanam

Banyak cara untuk menanam belimbing wuluh dengan cara cangkok, okulasi atau pembibitan langsung dari buahnya dan untuk medianya bisa dengan pot atau pekarangan rumah. 

Dari Pembibitan Buah

Cara memperoleh bibit tanaman ini sangat mudah, buahnya yang masak atau sudah tua dapat diletakkan di dalam pot berisi tanah gembur, beberapa minggu kemudian dari biji-biji yang ada di dalam buah tersebut akan tumbuh bibit baru. Bibit tanaman belimbing sayur ini kemudian dapat dipindahkan untuk dipisah-pisahkan ke wadah atau pot lainnya sebelum siap ditanam di pekarangan. 

Dari Batang Yang Sudah Berbuah

Adapun dari batang yang sudah berbuah diantaranya yaitu:
  • Pilih pohon belimbing wuluh yang telah terbukti berbuah lebat dan sehat
  • Potong salah satu batangnya yang tidak terlalu muda dan juga jangan terlalu tua
  • Rendam batang yang dipotong ke dalam larutan perangsang pertumbuhan akar 1 malam
  • Siapkan media tanam berupa petak untuk pembibitan atau pot besar, isi dengan campuran tanah gembur dan pupuk kandang
  • Tancapkan potongan batang belimbing wuluh langsung pada tanah media yang sudah kita persiapkan tadi
  • Lakukan penyiraman secara rutin agar lingkungan lembab tidak kering sebaiknya penanaman dilakukan awal musim hujan
Selain dapat ditanam di dalam pot, belimbing wuluh biasanya dibudidayakan di pekarangan rumah atau halaman rumah. Namun sebelum menanam belimbing wuluh langsung ditanah halaman rumah sebaiknya lakukan penggemburan terlebih dahulu dengan cara mencangkul. 
Kemudian berilah pupuk kandang sembari menggemburkan tanah. Setelah selesai barulah potongan batang belimbing wuluh yang telah direndam larutan perangsang akar dapat ditancapkan ke tanah secara langsung. 
Dalam hal ini belimbing wuluh tidak memerlukan perawatan khusus, cukup dengan bersihkan rumput liar yang tumbuh di sekitar pohonnya. Belimbing wuluh akan berbuah pada umur sekitar 3 tahun dari mulai penanaman, buah belimbing wuluh tidak mengenal musim sehingga hampir sepanjang tahun pohon belimbing wuluh akan berbuah. 
Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Belimbing Wuluh Media Pot dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 
Baca Juga:
Baca Juga :   Cara "Sukses" Budidaya Talas Agar Hasil Melimpah