Budidaya Lele Dumbo Kolam Tanah Untuk Pemula (Clarias gariepinus.Burchell)

Budidaya Lele Dumbo Kolam Tanah Untuk Pemula (Clarias gariepinus.Burchell)
5 (100%) 1 vote

Budidaya Lele Dumbo Kolam Tanah Untuk Pemula (Clarias gariepinus.Burchell)

Budidaya Lele Dumbo Kolam Tanah Untuk Pemula (Clarias gariepinus.Burchell) – Lele Dumbo merupakan jenis ikan air tawar hibrida hasil persilangan lele lokal Afrika species C.Mossambicus jantan dengan lele lokal berasal Taiwan species C. Fuscus betina dengan penamaan ilmiah Clarias gariepinusBurchell yang didatangkan ke Indonesia pada tahun 1985. Lele dumbo ternyata menjadi Primadona para pembudidaya jenis air tawar khusus ikan lele , karena memiliki pertumbuhan yang pesat dan ukuran tubuh yang relatif besar menjadikan jenis ikan lele dumbo banyak dibudidayakan hampir disetiap provinsi di Indoensia.

Lele dumbo memiliki ciri-ciri tubuh yang memanjang, agak bulat, kepala gepeng, tidak memiliki sisik, mulut besar, warna kelabu sampai hitam. Di sekitar mulut terdapat bagian nasal, maksila, mandibula luar dan mandibula dalam dan terdapat sepasang kumis. Kumis lele dombo pada  bagian mandibula dapat digerakkan yang berfungsi untuk meraba makanannya. Memiliki Kulit berlendir tidak bersisik, berwarna hitam pada bagian punggung (Dorsal) dan bagian samping (Lateral),selain itu juga bagian sirip punggung, sirip ekor, dan sirip dubur tergolong jenis sirip tunggal, sedangkan sirip perut dan sirip dada tergolong sirip ganda. Pada sirip dada terdapat duri yang keras dan runcing yang disebut patil dan tidak beracun.

Budidaya Lele Dumbo Kolam Tanah Untuk Pemula (Clarias gariepinus.Burchell)

Gemana sahabat pertanian,sudah jelaskan dari rangkuman singkat mengenai asal-usul lele dumbo, keunggulan serta ulasan ciri-ciri morfologinya,semoga sahabat pertanian menjadi jelas dan paham,apalagi yang masih bingung menentukan budidaya lele,tetapi masih ragu dalam jenis varietas lele seperti apa yang baik untuk dibudidayakan. Tidak hanya itu sahabat, PELUANG usaha budidaya lele baik budidaya pembesaran maupun budidaya pembenihan masih terbuka lebar bagi sahabat yang akan memeulai menekuni budidaya lele.

Baca Juga :  Cara "Sukses" Budidaya Ikan Betok Di Kolam Terpal

Hal ini berdasarkan Permintaan pasar yang cukup tinggi akan konsumsi daging ikan lele menunjukan kurva peningkatan ditiap tahunya,juga berkaca dari data produksi nasional dalam kurung waktu lima tahun terakhir (2011-2015) terdapat kenaikan produksi sebesar 21,31 % per tahun,dimana produksi lele nasional pada 2011 sebesar 337.557 ton dan di tahun 2015 mengalami kenaikan menjadi 722.623 ton. Indonesia memiliki perairan tawar yang luas dan berpotensi besar dalam budidaya ikan lele. Sumberdaya perairan Indonesia meliputi perairan umum (sungai, waduk dan rawa), sawah (mina padi), dan kolam dengan total luas lahan 605.990 hektar. Perairan umum seluas 141.690 hektar, sawah (mina padi) seluas 88.500 hektar, dan perairan kolam seluas 375.800 hektar.

Budidaya Lele Dumbo Di Kolam Tanah

Adapun budidaya lele dumbo di kolam tanah yang diantaranya yaitu:

Klasifikasi Lele Dumbo

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Pisces
  • Ordo : Ostariophysi
  • Famili : Claridae
  • Genus : Clarias
  • Spesies : Clarias gariepinus.Burchell

Pembuatan Kolam Tanah

Keunggulan dari kolam tanah antara lain; pengeluaran biaya budidaya lebih bisa ditekan seminimal mungkin,mengurangi tingkat stress pada ikan karena sesuai dengan habitat asli kondisi dialam liar dan mengurangi biaya pakan kerena pakan alami berupa cacing dapat tumbuh sendirinya. Bentuk kolam tanah berbentuk persegi dengan ukuran disesuaikan dengan kondisi lahan budidaya. Usahakan kolam lele tanah tidak mudah mengalami kebocoran, kedalaman 0,7 meter sampai 1,2 meter,permukaan air 15-20 cm dari bibir kolam,hal ini menghindari ikan lele tidak mudah loncat,tinggul dibuat tegak lurus yang dipasang ditepian kolam.

Pengisian Media Kolam

Pengisian media kolam bertujuan sebagai lapisan dasar penunjang pertumbuhan sekaligus sebagai media cadangan makanan di dalam tanah. Media kolam tanah yang digunakan antara lain seperti; jerami kering, gedebok pisang dan pupuk kandang yang dicampurkan didalam media kolam yang diikuti dengan pengisian air selama jangka waktu 1-2 bulan sebelum benih lele dumbo ditebar untuk memastikan media tersebut tercampur sempurna sebagai media pertumbuhan dasar.

Baca Juga :  Cara Budidaya Belatung Untuk Pakan Ikan Bagi Pemula

Pemberian Kapur Kolam Tanah

Pengapuran bertujuan untuk menyeimbangkan derajat keasaman (pH) kolam dan membantu meminimalisier mikroorganisme pembawa pathogen penyakit. Ada berbagai jenis kapur yang dijual bebas di pasaran sahabat,pertanian bisa membeli ditoko pertanian untuk jenis dolomit atau kapur tohor. Pengapuran dilakukan dengan cara ditebar secara merata di permukaan dasar kolam dengan dosis 250-750 gram per meter persegi.

Penebaran Benih Lele Dumbo

Benih ikan lele dumbo bisa didapatkan atau dibeli dari penjual benihan lele dengan kebutuhan disesuaikan dengan ukuran luasan media kolam tanah. Pastikan benih lele yang akan ditebar sebelum di sortasi (seleksi) dari benih yang cacat, mati dan abnormal. Ciri-ciri benih sehat terlihat dari gerakannya lincah, tidak terdapat cacat atau luka dipermukaan tubuhnya, bebas dari bibit penyakit dan gerakan renangnya normal.

Teknis Penebaran benih dengan cara memasukan benih lele dumbo dalam wadah berupa ember ke dalam kolam,tunggu selama 10-15 menit,hal memiliki fungsi agar terjadi penyesuaian suhu tempat benih. Selanjutnya biarkan benih lele tersebut keluar dengan sendiri hal ini berfungsi mencegah stress pada benih sebelum memasuki lingkungan pembesaran di kolam tanah. Tebarkan benih lele dumboke dalam kolam dengan kepadatan 200-400 ekor per meter persegi.

Pemeliharaan Lele Dumbo

Adapun pemeliharaan lele dumbo yang diantaranya yaitu:

Pengaturan Saluran Air

Kondisi perubahan cuaca yang dikontrol seperti intensitas hujan tinggi menyebabkan tanggul dinding kolam rusak,menyebabkan hilangnya sebagian ikan lele menjadi faktor kendala dalam budidaya ikan lele berkolam tanah,namun hal tersebut harus diantisipasi sejak dini oleh pembudidaya dalam pembuatan saluran air diletakan dipinggiran kolam baik terbuat dari batang bambu atau pipa paralon menjadi wajib tatkala memasuki musim penghujan.

Sortasi Lele dumbo

Faktor adaptasi maupun serangan hama dan penyakit,menyebabkan ikan lele mengalami stress dan mati,faktor serangan hama dan penyakit menjadi perhatian khusus,salah satu indikator ikan lele mudah terkena penyakit adalah, kualitas air buruk, patoghen yang ganas, ikan lele yang lemah. Oleh karena indentifikasi,pengendalian dan sortasi menjadi kunci wajib para pembudidaya sebagai faktor keberhasilan.

Baca Juga :  Budidaya Lele Dumbo Kolam Terpal (Rangka Bambu) Untuk Pemula
Pemberian Pakan Lele

Kendala utama pembudidaya ikan lele pada umumnya adalah persoalan pakan berupa pellet,pakan merupakan bagian terpenting dalam menunjang pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan,pemberian pakan berupa pellet berkualitas menjadi faktor keberhasilan meningkatkan produksi ikan lele,ketika masuki panen lele tiba. Nutrisi Pakan Ikan Pakan lele yang baik adalah pakan yang mampu meningkatkan pertumbuhan dan hasil produksi ikan.

Pakan lele harus memenuhi nilai rasio pemberian pakan dengan penambahan bobot tidak kurang dari satu (Feed Conversion Ratio>1) artinya, pemberian pakan sebanyak 1 kg akan menambah bobot tubuh sebanyak 1 kg. Pemberian pakan lele diberikan pagi dan sore dengan jumlah 500-700 gram/hari selama proses budidaya berlangsung. Pakan lele dapat ditemui ditoko-toko penyedia pakan ternak atau mencari membuat sendiri pakan lele alternatif yang dapat menunjang pertumbuhan,sehingga penggunaan biaya pakan dapat diminimalisier.

Panen Lele Dumbo

Panen merupakan bagian yang ditunggu-tunggu oleh pembudidaya,untuk memastikan tingkat keberhasilan budidaya. Panen lele dumbo mulai dipanen saat memasuki umur 3-4 bulan lamanya,dengan ukuran 20-25 cm sesuaikan dengan permintaan pasar atau konsumen. Panen lele dumbo baik dilakukan secara bertahap 2-3 kali untuk mensiasati perubahan harga,yang acapkali turun. Teknis panen lele dumbo dengan cara menyurutkan air atau pendakalan untuk memudahkan proses penyaringan yang selanjutkan dimasukan kedalam wadah atau bak plastik untuk penampungan sementara sebelum dijual.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Budidaya Lele Dumbo Kolam Tanah Untuk Pemula (Clarias gariepinus.Burchell) dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga:

/* */