7 Cara “Sukses” Budidaya Ayam Pedaging Untuk Pemula

Posted on
7 Cara “Sukses” Budidaya Ayam Pedaging Untuk Pemula
5 (100%) 1 vote

Budidaya Ayam Pedaging – Budidaya ayam pedaging merupakan salah satu peluang usaha menjanjikan, tentu kita tidak asing dengan ayam potong. Pernahkan kita berpikir bahwa ayam pedaging salah satu peluang usaha yang baik untuk dijalankan ?? ataukah sedang mencari informasi cara menjalankan bisnis ayam pedaging ?? mulai dari bagaimana cara merawatnya sampai panen.

Cara Budidaya Ayam Pedaging Untuk Pemula

Ayam potong yang biasa disebut sebagai ayam pedaging “broiler” ialah ayam ras yang memiliki pertumbuhan sangat cepat dibandingkan dengan ayam kampung yang baru bisa dijual ketika umur sudah mencapai 2 bulan. Sangat berbeda dengan ayam potong yang bisa dijual atau memiliki daging kurang lebih 2 kg hanya dengan umur 30 hari.

Cara Budidaya Ayam Pedaging

Banyak sudah yang menjalankan ayam potong sebagai mata pencaharian utama sebagian kalangan pengusaha di Indonesia. Jatuh bangun dalam usaha ternak ayam pedaging bukan lagi pemandangan asing, ada orang yang berhasil menjalankan usaha ini, namun banyak pula yang gulung tikar.

Ternak ayam pedaging tidak sama dengan ayam kampung, daya tahan tubuh ayam potong jauh sangat rendah di bandingkan ayam lainnya. Ayam potong sangat mudah terserang penyakit, banyak hal atau procedure yang perlu diperhatikan agar bisa sukses menjalankan usaha peternakan ayam pedaging.

Tata Cara Budidaya Ayam Pedaging

Agar proses budidaya dari ayam pedaging kalian menghasilkan panen yang maksimal dan optimal, maka berikut beberapa tata cara dalam melakukan budidaya tersebut:

Baca Juga :   Peluang Bisnis, Budidaya Cucak Ijo Yang Menguntungkan

Pemilihan Lokasi Kandang

Kandang merupakan sarana yang harus dilengkapi saat kalian melakukan budidaya ayam pedaging. Lokasi yang ideal ialah lokasi yang mudah terjangkau oleh sarana transportasi, jauh dari pemukiman, tidak asing biasanya arah kandang harus menghadap kearah timur dan dekat dengan sumber air. Di dalam kandang harus mendapatkan suhu yang ideal yang suhunya akan disamakan dengan umur dari ternak tersebut.

Ada 2 jenis kandang yang dimiliki oleh kandang ayam boiler yakni litter atau tanpa panggung dan berbenbentuk panggung. Kandang yang merupakan tipe panggung tidak akan kotor, tidak memerlukan alas dan efisien karena kotoran akan jatuh kebawah. Namun tentunya biaya yang diperlukan untuk pembuatan kandang akan lebih mahal. Sedangkan tipe tanpa panggung atau litter ialah tipe kandang yang lebih mudah dibangun dan lebih banyak di gunakan.

Pemilihan Bibit

Dalam memilih bibit ayam ras atau boiler ada beberapa poin yang harus diperhatikan yakni:

  • Bibit tersebut harus aktif bergerak, sehat dan tidak mengalami cacat atau sakit.
  • Memiliki tubuh yang bulat atau gemuk berisi.
  • Bulu bibit tidak terlihat kusam, sehat dan mengkilap.
  • Daerah di sekitar anus tidak kotor, mata tajam dan hidung juga bersih.

Pemberian Pakan

Dalam hal ini kalian harus mengerti dan memahami cara pemberian pakan dan memberi pakan yang baik untuk ayam pedaging ini. Nutrisi ayam pedaging harus terpenuhi agar ayam bisa mendapatkan pertumbuhan yang maksimal.

Sistem yang digunakan dalam pemberian pakan ayam pedaging ialah sistem adlibitum yakni makanan yang selalu tersedia dan tanpa batas, sedangkan untuk jenis pakannya sendiri biasa berupa pelet crumbles “butiran pecah” dan bentuk tepung.

Cara Pemeliharaan

Ada beberapa rangkaian proses yang harus dilakukan sebeluam mendapatkan hasil panen dari cara budidaya ayam pedaging ini yaitu:

  • Pada minggu pertama 7 hari pertama maka bibit ayam pedaging harus dimasukan ke inkubator atau menggunakan indukan. Segera berikan pakan dan minum air hangat, biasanya pakan yang diberikan ialah jenis crumbes atau berbentuk butiran-butiran kecil.
  • Pada minggu kedua, suhu di pemanas bisa dikurangi dan pakan masih menggunakan jenis crumbles.
  • Pada hari ke 15 atau minggu ketiga, bibit ayam pedaging tidak lagi membutuhkan pemanas.
  • Hari ke 22 atau minggu ke empat maka bulu-bulu ayam telah mulai tumbuh dan kebutuhan pakan bertambah 2 kali lipat dari sebelumnya.
  • Pada minggu ke lima sudah dilakukan pembersihan kandang secara rutin karena sudah banyak menghasilkan kotoran.
Baca Juga :   Cara Budidaya Ulat Jerman Prospek Yang Menjanjikan

Panen

Proses panen dilakukan secara sistematik dimana penangkapan dilakukan secara bertahap dimana di lakukan penyekatan. Tangkap terlebih dahulu ayam yang akan dipanen lebih awal, jangan menangkap keseluruhan secara bersamaan karena mereka nantinya akan lemas. Hindari adanya over lapping atau penumpukan ayam di daerah sudut kandang agar tidak banyak ayam yang mati, cara penangkapannya ialah sebagai berikut:

  • Secara perlahan pegang kaki ayam kemudian pegang di bagian dada dan angkat ayam keatas, jangan memagang ayam dengan cara menarik salah satu sayap karena ayam akan memberontak.
  • Ikat kedua beah kaki ayam ketika selesai ditangkap, catat bobot ketika ia hidup karena biasanya ayam pedaging di jual per bobot ketika ia hidup.

Cuci Dan Sanitasi Hama Kandang

Lakukan pengapuran pada bagian dinding dan lantai kandang untuk sanitasi setelah pasca panen. Agar bibit penyakit bisa mati maka kalian harus menyemprotkan formalin, diamkan kandang sebelum kalian memasukkan bibit baru selama 10 hari.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Cara Budidaya Ayam Pedaging Untuk Pemula dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya.

Baca Juga: