5 Langkah Mudah Cara Mengawinkan (Penyerbukan) Salak Pondoh Untuk Pemula

Posted on
5 Langkah Mudah Cara Mengawinkan (Penyerbukan) Salak Pondoh Untuk Pemula
5 (100%) 1 vote

5 Langkah Mudah Cara Mengawinkan (Penyerbukan) Salak Pondoh Untuk Pemula

5 Langkah Mudah Cara Mengawinkan (Penyerbukan) Salak Pondoh Untuk Pemula – Salak Pondoh merupakan jenis varietas salak unggulan subsektor Tanaman Hortikultura yang berasal dari Sleman,Yogyakarta yang memiliki nilai ekonomis untuk dikembangkan dan dibudidayakan secara komersial,baik pemanfaatan hasil buah maupun,dalam perbanyakan tanaman.

Salak secara umum merupakan jenis tanaman palma seperti;kelapa sawit atau kurma berasal dari daerah tropis dengan ketinggian optimal tumbuh 400-700 meter dpl,belum diketahui pasti asal-usul tanaman ini berasal,akan tetapi diduga tanaman ini berasal dari tiga (3)negara yaitu;Thailand,Malaysia dan Indonesia. Terdapat Sentra penanaman salak di Indonesia meliputi; Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan,Maluku,Bali,NTB dan Kalimantan Barat.

5 Langkah Mudah Cara Mengawinkan (Penyerbukan) Salak Pondoh Untuk Pemula

Sahabat mungkin tidak asing dengan buah satu ini,buah ini tergolong jenis musiman yang keberadaan apabila musim,begitu banyak dan menjadi pilihan untuk dikonsumsi,selain harga pas dikantong,manfaat sehat bagi tubuh yang begitu besar. Tidak salah lagi,KENAPA pembudidaya tanaman tropis,lebih menitik beratkan pada pengembangan budidaya untuk jenis tanaman yang satu ini. Teknologi budidaya yang sederhana,dari mulai pemilihan lokasi,syarat tumbuh dan penanaman terbilang umum seperti tanaman budidaya pada umumnya.

Harga jual hasil produksi terbilang cukup tinggi ditingkat petani 3000-4000/kg,ditingkat pedagang bisa mencapai 5000-7000/kg,harga ini terbilang cukup merakyat dan PAS dikantong,menurut data produksi nasional mengenai konsumsi buah rumah tangga rata-rata per kapita di Indonesia,buah salak menempati peringkat Delapan (8),sebagai buah konsumsi buah tertinggi pada tahun 2012.

Baca Juga :   Panduan Menanam Jambu Air Citra Di Pekarangan Rumah Cepat Berbuah

Kendala utama dalam pembudidayaan salak pondoh adalah tingkat keberhasilan dalam penyerbukan buah atau dengan kata lain,mengawinkan salak antara bunga jantan dan bunga betina,kurang informasi dan ketidak tahuan masyarakat dalam hal penyerbukaan buah salak ini,menyebabkan salak yang ditanam bertahun-tahun tidak menunjukan ada aktifitas untuk berbuah. Cukup disayangkan,tetapi itu,real yang terjadi dimasyarakat kita. Oleh karena itu pada pembahasan kali saya coba menjelaskan dari sumber terpercaya langkah mudah melakukan penyerbukan sendiri pada tanaman salak.

5 Tahapan Mudah Penyerbukan Salak Pondoh

Adapun tahapan mudah penyerbukan salak pondoh yang diantaranya yaitu:

Syarat Tumbuh

Pastikan penanaman salak pondoh sahabat pertanian,telah memenuhi syarat tumbuh salak baik dan berat,meliputi;

  • Tumbuh optimal di daerah beriklim tropis
  • Tumbuh baik diketinggian 400-700 meter dpl.
  • Struktur tanah gembur,lempung berpasir,lempung berliat dan kaya bahan organik.
  • Menginginkan curah hujan rata-rata bulanan 100-200 mm/bln
  • Menginginkan sinar matahari 50-70 % (sebagai tanaman peneduh)
  • Suhu udara optimal pertumbuhan 20-30°Celcius,membutuhkan kelembapan tinggi dan tidak tahan akan genangan air berlebih.
  • Derajat Keasaman Tanah (pH) antara 5,5-6,5.

Bibit Salak Pondoh

Apabila sahabat pertanian,menanam tanaman salak pondok berasal dari biji,Warbiasah sudah cukup lama sekali untuk berbuah. Jadi pilihlah bibit sala pondoh yang berasal dari perbanyakan vegetative hasil pencangkokan tunas. Keunggulan dari perbanyakan dengan cara vegetatif pertama positif sama seperti indukan,kalau indukan manis,pasti anak bakal manis.he.he.(mewarisi sifat unggul indukannya).

Pemangkasan

Syarat pemangkasan menjadi wajib karena dengan pemangkasan yang rutin dapat membantu penyebaran makanan agar tidak hanya ke daun atau bagian vegetatif saja, melainkan juga ke BUNGA, BUAH atau bagian generatif secara seimbang. Pemangkasan dilakukan setiap 2 bulan sekali, tetapi pada saat mendekati masa berbunga atau berbuah pemangkasan kita lakukan lebih sering, yaitu 1 bulan 1 kali.Apabila dalam rumpun salak terdapat beberapa anakan, lakukanlah pengurangan anakan menjelang tanaman berbuah. Satu rumpun salak cukup kita sisakan 1 atau 2 anakan. Jumlah anakan maksimal 3-4 buah pada 1 rumpun. Bila lebih dari itu anakan akan mengganggu PRODUKTIFITAS tanaman

Baca Juga :   Teknologi Efektif Budidaya Cabe Merah (Capsicum annum.L) Baik Dan Benar

Pemupukan

Tujuan pemupukan untuk memastikan ketersedian beberapa unsur hara (sumber makanan tanaman)terkecukupi didalam tanah,sehingga pertumbuhan tanaman menjadi baik dan memiliki produksi yang tinggi. Waktu pemupukan dilakukan diawal musim penghujan,pemberian dosis pemupukan berbeda-beda disesuaikan dengan umur tanaman salak pondoh tersebut, umur tanaman 0-12 bulan diberikan 1 kali sebelum dengan memberikan pupuk kandang 10-20 kg/tanaman,Urea 5 gr dan KCL sebanyak 5 gram. Selanjutnya setelah tanaman memasuki umur 12-24 bulan pemberian pupuk diberikan Urea 10 gram, TSP 10 gram, KCl 10 gram,untuk umur salak 24-36 bulan diberikan Urea 15 gram, TSP 15 gram, KCl 15 gram.

Jadi jangan harap dech,bakalan mendapat hasil memuaskan kalau,tanaman salak jarang diberikan pupuk,minimal NPK ya Sob,biar tanaman dan buah yang dihasilkan dapat tahan terhadap hama dan penyakit.

Teknis Penyerbukan Tanaman Salak

  • Penyerbukan dikelola sedemikian rupa,sehingga lahan tanaman salak dapat berbuah setiap saat sepanjang tahun
  • Penyerbukan dilaukan secara manual dengan cara menempelkan bunga jantan dan betina yang sudah siapkan dan sedikit ditepuk-tepukkan agar bunga jantan ke bunga betina atau lakukan dengan cara meletakan malaui bunga jantan yang mekar diatas bunga betina
  • Setelah itu berikan sungkup dari daun salak agar tidak terkenal air hujan,lakukan penyerbukan satu demi satu keseluruh bunga betina yang sudah siap dibuahi distiap tanaman salak pondoh tersebut.
  • Waktu penyerbukan atau tahapan pengawinan salak pondoh dilakukan 2 hari setelah bunga mekar dan buah siap untuk dipanen setelah 5-6 bulan setelah bunga betina dibuahi. Semoga berhasil sahabat pertanian.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai 5 Langkah Mudah Cara Mengawinkan (Penyerbukan) Salak Pondoh Untuk Pemula dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya.

Baca Juga :   Formula Tepat : Basmi Tuntas Serangan Hama Penyakit Cabe

Baca Juga: