Mahir Dalam 18 Minggu: Ternak Bebek Pedaging (Broiler)

Posted on
Mahir Dalam 18 Minggu: Ternak Bebek Pedaging (Broiler)
5 (100%) 1 vote

Mahir Dalam 18 Minggu: Ternak Bebek Pedaging (Broiler)

Ternak Bebek Pedaging (Broiler) – Bebek,,Siapa yang tidak mengenal jenis unggas yang satu ini,spesies burung ini tergolong dalam famili Anatidae dengan leher panjang, berparuh serta memiliki bentuk tubuh bervariasi mulai dari berlekuk lebar sampai membulat. Bebek atau itik dipelihara oleh peternak untuk dimanfaatkan hasil telurnya (tipe petelur) dan dagingnya (tipe pedaging atau broiler).

Sebelum memulai usaha,peternak harus sudah menentukan dan memahami benar,jenis usaha yang akan dipilih,sesuaikan dengan budget modal anda,mencari tempat pemasaran atau penampung,bila dirasa kriteria tersebut dipenuhi mulailah step by step. Pada kesempatan kali ini saya mencoba memberikan informasi mengenai Bagaimana cara beternak bebek pedaging (broiler) secara baik dan benar.

Mahir Dalam 18 Minggu: Ternak Bebek Pedaging (Broiler)

Tahapan Ternak Bebek Pedaging

Seperti kita ketahui bersama,nilai jual bebek pedaging (broiler) terdapat pada kualitas bebek dan bobot berat bebek itu sendiri,tentu yang harus kita garis bawahi adalah Bagaimana cara mengemukan bebek pedaging itu sendiri. Sebelum memulai usaha ternak bebek pedaging sebaiknya, mempelajari beberapa teknik dasar penggemukan.

Terdapat faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam upaya mendukung pengemukan bebek antara lain:

  • Pemilihan Bibit Unggul
  • Kontruksi Kandang (Tipe Sistem Kandang)
  • Pemeliharaan Bebek Pedaging
  • Pemberian Pakan
  • Pengendalian Penyakit Unggas

Pemilihan Bibit Unggul

Faktor pemilihan bibit bebek unggul dapat menjadi kunci sukses menentukan keberhasilan dalam usaha ternak bebek pedaging. Tahapan pemeliharaan pada periode starter/anak itik/DOD adalah tahap penting sebagai langkah awal menekan jumlah kematian bibit pada fase awal pemeliharaan untuk menciptakan bebek pedaging yang berkualitas.

Baca Juga :   Cara Budidaya Keong Mas Prospek Yang Menjanjikan

Terdapat beberapa persyaratan dalam memilih DOD itik jantan umur 1 –7 hari: memiliki bobot minimal 40 gram, postur tubuh tegap,mata jernih,kaki kokoh serta tidak cacat, memiliki nafsu makan yang besar dan terhindar dari penyakit unggas.

Kontruksi Kandang Bebek (Sistem Kandang)

Sistem perkandangan dalam sistem ternak bebek pedaging dikenal 3 tipe kandang diantaranya :

  • Tipe Kandang Battery adalah sistem kandang ini hanya memasukan 1 ekor bebek dalam satu kotak dengan ukuran yang kandang panjang x lebar x tinggi (45 x 45 x 35 cm). dalam tipe ini memudahkan dalam pengontrolan ternak dari segi; produktivitas,penyakit unggas dan sistem perkawinannya dengan kawin buatan (insiminasi buatan).
  • Tipe Kandang Postal adalah sistem pemeliharaan dengan menempatkan ternak dalam satu ruangan besar dengan jumlah ternak tertentu. Kapasitas ternak tergantung dari jenis bebek yang dipelihara apakah jenis bebek starter atau bebek grower. Kapasitas kandang periode starter mengunakan 10 – 15 ekor/m2, sedangkan untuk preiode grower berisi 6 – 8 ekor/m2.
  • Tipe Kandang Ranch adalah pengembangan dari tipe kandang postal terdapat ruangan tempat ternak di bagian luar disediakan halaman tempat bermain serta dilengkapi dengan saluran air atau kolam. Fungsi air kolam tersebut untuk membersihkan kotoran menempel di badannya dan mendinginkan tubuh di waktu siang hari

Pakan Ternak Bebek

Untuk menghasilkan bebek pedaging berkualitas pemberian pakan haruslah juga berkualitas. Terdapat 2 jenis pakan yang diberikan pada ternak bebek yaitu pakan alami dan pakan konsentrat.  Pakan alami bisa diberikan kepala udang atau keong sedangkan pakan konsentrat anda dapat membelinya di pabrik atau anda bisa membuatnya sendiri,sedangkan untuk pakan konsentrat setidaknya diberikan setiap fase pertumbuhan. 

Bebek pedaging telah berumur 0-8 minggu diberikan bahan pakan yang mengandung protein 20%-25%,selanjutnya saat bebek memasuki fase grower (8-18 minggu), diberikan pakan mengandung 17%-19% protein dan pada fase layer (18-27 minggu) diberikan mengandung 15%-17% protein.

Baca Juga :   Cara Budidaya Ulat Bambu Yang Bernilai Ekonomi

Terdapat bahan konsentrat untuk pakan bebek dan memenuhi kandungan protein contohnya: Bahan baku; Jagung giling,Dedak halus, Ubi kayu, Tepung ikan, Bungkil kelapa dan Bungkil kedelai. Pemberian pakan bebek menetas hingga 21 hari pakan diletakan pada baki atau tempat pakan.

Dan apabila sudah berumur 21 hari lebih pakan diberikan dengan cara ditabur atau disebar pada lantai kandang da diberi secara terus menerus. Untuk pemberian minum pada anak bebek yang berumur 0-7 hari diberi campuran vitamin dan seterusnya pemberian air minum diletakkan dalam wadah khusus secara terus menerus dalam kandang.

Pemberian pakan diumur 1 – 7 hari dilakukan sesering mungkin untuk merangsang nafsu makan bebek. Pakan buatan pabrik harus sesuai dengan standart yaitu 511/BR 1 berupa pakan consentrat 511 diberikan pada umur itik 1 – 14 hari sedagkan saat memasuki usia 15 bebek kita beri pakan campuran. 

Komposisi campuran pakan berupa; 40 % koncentrat dan 60 % buatan sendiri dengan difermentasi menggunakan probitik SOC HSC. Pemberian pakan dalam 1 hari adalah 3 kali, yaitu jam 7, 12, 4. Tempat pakan harus dicuci hingga bersih dan dikeringkan sebelum digunakan kembali bila perlu tambahkan pula vitamin tambahan seperti bekatul, jagung, atau tepung ikan.

Pemeliharaan Bebek Pedaging

Setiap pembudidayaan tidak terlepas dari serangan penyakit unggas,namun sebelum terinfeksi ada perlu adanya monitoring kebersihan tempat pakan,kandang dan unggas itu sendiri. Berikut terdapat tanda-tanda bebek atau itik yang sakit seperti; tidak bersuara,nafsu makan berkurang serta memiliki gerakannya lamban. Terdapat beberapa penyakit yang umum menyerang bebek antara lain;

Penyakit Berak Kapur

Penyakit ini disebabkan oleh berkembangnya bakteri Salmonella typhimurium yang ditandai dengan kotoran berwarna hijau dengan bercak putih. Pengobatan untuk jenis penyakit ini dengan memberikan Nitrofuran dan Furasodidon 0,0011 % pada campuran pakan.

Baca Juga :   Peluang Bisnis, Cara Budidaya Itik Pedaging Yang Bernilai Jual Tinggi

Penyakit Itik lumpuh

Penyakit ini disebakan jamur Aspergillasis flavur sebagai akibat makanan basi atau telah kadarluasa,makan bangkai atau terlalu berada ditanah becek. Mengatasi tidak memberikan pakan nabati telah berjamur seperti; jagung dan bungkil yang sudah lama.

Penyakit gangguan Tenggorokan

Penyakit ini disebakan oleh adanya cacing yang menempel ditenggorokan, cara mengatasinya dengan mencabut cacing yang menempel dengan pinset, setelah itu diberikan obat Tetrachlor

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai Mahir Dalam 18 Minggu: Ternak Bebek Pedaging (Broiler) dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya,, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

Baca Juga: